Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

9/29/2011

Antivirus Tokcer

Menangkal Virus Penyembunyi Folder


   Setelah kemarin sukses melakukan presentasi 'Aplikasi Save as PDF' di depan dosen dan temen-temen kampus, hadirlah masalah baru. Flasdisk (FD) teman sekelompokku yang dipakai untuk presentasi terkena virus menyebalkan. Virus ini aku sebut dengan virus 'Hide and Seek' alias 'umpet-umpetan', karena virus ini menjangkiti FD dengan cara menyembunyikan semua folder yang ada dan mengubahnya menjadi shortcut. Tidak hanya shortcut saja namun juga mengubahnya menjadi folder Ricycled atau folder sampah. Sehingga folder yang berisi file-file penting anda tidak bisa ditampilkan. Dan ketika anda 'open' yang muncul hanyalah kotak berisi notifikasi bahwa file yang anda maksud tidak ada dalam FD.
   Sebenarnya asal muasal virus ini aku dapat dari PCnya si empunya fotokopi sewaktu akan mencetak tugas kuliah di fotokopi dekat rumah. Gara-gara masnya yang nggak pasang antivirus, FDku yang semula bersih jadi sakit kena virus. Sehingga ketika di kampus, setelah temanku mengcopy file yang ada di FDku, FD temanku juga tertular virus. Jadilah virus-virus itu menjangkiti kedua FD malang ini. Akhirnya FD temanku ku bawa ke rumah siapa tahu di PCnya om ku antivirusnya lebih tokcer. Hm.. setelah ku coba, ternyata antivirusnya tidak mempan melawan virus 'Hide and Seek' ini. Aku coba lagi scanning virus pakai Eset Smart Security. Eh, si virus masih tetep aja nongkrong di FD, dan folder berisi file-file penting itu tetap tidak dapat dibuka. 
   Akhirul kalam bertandanglah diriku ke 'Mbah Google'. Syukurlah, hasil dari searching, aku menemukan Smadav versi 8.6 yang ternyata mampu menangkal virus penyembunyi folder ini. Setelah antivirus diinstal, lalu scanning.. Hore!!! Berhasil! Folder yang semula nggak bisa nongol jadi kelihatan semua. Shotcut pun hilang dan FD bebas dari virus. Hore!! Berhasil.. berhasil.. Hore!! =).
   Well, sebelumnya akan ku jelaskan apa itu Smadav  Rev. 8.6. Smadav Rev. 8.6 adalah adalah Antivirus Lokal Indonesia yang memfokuskan proteksi dan pembersihan tuntas untuk virus-virus lokal yang menyebarluas di Indonesia. Kelebihan antivirus ini daripada Smadav versi sebelumnya adalah pada penambahan database 100 virus baru, Penyempurnaan fitur Smadav-Updater, Pendeteksian khusus untuk virus Ramnit, Sality, & OneLetter yang menyebar via USB Flash Disk, dsb. Jadi antivirus ini adalah antivirus terbaru yang merupakan antivirus hasil penyempurnaan dari Smadav sebelumnya.
   Berikut adalah langkah-langkahnya untuk menginstal Smadav Rev.8.6 :
  1. Download antivirus dari sini :  Click here
  2. Instal ke PC anda.
  3. Jika instalasi berhasil maka di PC anda akan muncul ikon seperti di bawah ini. Sehingga ketika FD disambungkan ke PC, maka scanning akan bekerja secara otomatis.

   Nah pembaca, gampang bukan? Jadi, kalau nanti anda mengalami problem seperti yang saya alami, antivirus di atas bisa menjadi salah satu referensi yang patut dicoba. =)



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting