Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

9/28/2011

Kuliner Mantap

5 Wisata Kuliner Unik di Jember

    1. Bakso Mercon
          Hayoo.. siapa yang belum tahu dengan nama kuliner yang satu ini?? Jangan salah paham ya.. ini bukan bakso yang bisa bikin kita terkaget-kaget kaya bunyi mercon. Namun bakso mercon adalah bakso yang bisa bikin lidah kita kepanasan alias pedeeesss banget serasa meledak-ledak kaya mercon. Bakso ini sebenarnya berupa pentol bakso yang bulat biasa, namun yang luar biasa adalah isinya, isi pentolnya berupa sambal yang amat sangat pedas. Jadi jangan heran saat kita menyantapnya akan terasa pedas luar biasa, dan jangan lupa pesanlah dulu segelas es teh untuk mengantisipasi ledakan mercon buatannya.
   Bakso Mercon untuk wilayah Jember bisa kalian temukan di barat lampu merah setelah ARMED. Kalo nggak tahu langsung tanya aja sama penduduk sekitar, dijamin nggak kesasar karena namanya udah tenar seantero Jember. Harganya pun juga terjangkau hanya 5 ribu perak sudah bisa membuat lidah kamu kepanasan. Hehe. Nah, kalau berminat silahkan langsung meluncur ke TKP kuliner ya.. bakso ini buka setiap hari lho. =)

   2. Nasi Kucing
     Eits, jangan salah tangkap dulu, kuliner ini bukan menyajikan daging kucing lhoh. Melainkan adalah nasi yang porsinya sedikit seperti porsi saat kita memberi makan kucing. Porsi ini sangat cocok sekali bagi yang lagi diet. Nasi kucing biasa disajikan dengan berbagai menu yang bisa kalian pilih sesukanya sesuai selera. Ada tempe bacem, telur petis, sate usus, Sambal goreng, oseng mie, telur dadar, dll. Biasanya warung yang menjual nasi kucing buka mulai jam 7 malam sampai tengah malam, bahkan ada yang sampai pagi lho. Tempat ini memang cocok sekali buat yang hobi begadang sambil nongkrong bareng.
    Kuliner ini bisa kalian temukan di sepanjang jl. Gajah Mada, Jember. Yaitu berupa warung-warung tenda alias lesehan. Harganya juga nggak bakal menguras kantong, dengan 10 ribu perak kalian sudah bisa menikmati 2 porsi nasi kucing + minumnya. Wah, bener-bener merakyat. Ok, silahkan dicoba.

     3. Es Manado
      Nah ini dia, hidangan penutup kesukaan ane. Yup! Es Manado. Kalau diminum panas-panas pasti sangat nikmat. Ane paling doyan sama es yang satu ini. Biasanya sih belinya di depan pegadaian Jl. kalimantan buka hanya pada bulan puasa-an aja. Mulai ane maba sampai sekarang masih suka langganan beli es di situ. Soalnya ketagihan sih. Rasanya enak and seger banget. Es manado adalah es yang terdiri dari buah-buahan yang dipotong dadu, ada melon, semangka, nangka, trus ditambah nata de coco, biji selasih habis itu disiram sama jus sirsak, terkakhir tambahkan es batu. Hm... udah kebayang rasanya. Berasa kaya lagi ada di kota Manado!
    Es Manado juga bisa kamu jumpai di luar bulan puasa, yaitu di depan UNMUH Jember dan di depan SMP 3 Jember, bapake dan bukne yang jualan udah stand by  di situ tiap hari kok. Harganya hanya 4rb perak aja. Kalo punya uang goceng masih ada kembaliannya. =)

    4. Burger Jamuren
    Begitu mendengar kata Burger wah, langsung kebayang tuh 2 buah roti yang tengahnya tersusun isi yang beraneka macam, yummy. Karena kalau di negara barat lebih tenar sebagai Hamburger. Ya, Ham berarti paha babi. Jadi, kalau temen-temen lagi jalan-jalan ke luar negeri bagi yang muslim jangan terkecoh dengan nama hamburger, karena berasal dari daging babi dan haram untuk memakannya. Namun seiring berkembangnya kuliner, sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi, baik bagi yang nggak suka kolesterol, yang lagi diet, ato yang vegetarian. Karena sekarang ada burger yang isinya terbuat dari jamur. Sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi. Namanya burger Jamuren. Burger ini berisi layaknya burger pada umumnya seperti keju, telur, mayonise, selada, bawang bombay dan saus tomat, yang membedakan hanyalah dagingnya diganti dengan jamur.
    Kuliner ini bisa kamu temukan di depan double way kampus UNEJ. Harganya bervariasi tergantung permintaan jenis burger yang dipesan. Mau dibanyakin kejunya, telurnya atau jamurnya gampang, tinggal mengatur harga. Harga mulai 5rb ke atas. 

    5. Bebek galak
    Jangan-jangan nanti waktu kita mau makan bebeknya tiba-tiba bebeknya hidup lagi trus marah-marah dan galak sama kita?? Ih, nggak sampai begitunya kali. Bebek galak adalah kuliner berupa bebek goreng yang dibumbu dengan sambal, trus masih digoreng sama sambal lagi untuk yang kedua kalinya. Jadi, bener-bener galak di lidah nih.
    Kuliner ini bisa kamu dapatkan di warung "Bebek 88" depan Smada Jember dan di Jl. Karimata 88 C, selatan Prosalina Jember. Untuk harga sangat terjangkau, harga mulai 12 ribu perak untuk menikmati hidangan bebek galak berbumbu sambal. Hm... silahkan langsung meluncur ke sana ya. =)
    Nah, itu tadi kelima macam kuliner unik yang ada di Jember, mungkin di tempat lain juga ada. Namun kali ini kita soroti kuliner terdekat aja, karena siapa tahu habis ngintip artikel ini ada orang yang tergoda sama kelezatan makanannya dan bisa langsung meluncur ke area atau TKP kuliner yang udah ku ceritakan tadi. =)

2 komentar:

  1. bakso ntu yang enak di bakso tulangan kranjingan....
    mantaf abis...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting