Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

9/22/2011

Tips Mengendalikan Diri

Cara Mengendalikan Diri Saat Emosi
     Mengendalikan emosi adalah salah satu hal terpenting untuk dapat membuat pengontrolan diri, penenangan pikiran dan penghargaan untuk diri sendiri. Karena ternyata penghargaan terhadap diri kita sendiri akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Seperti halnya saat kita beraktivitas, gerak tubuh diatur oleh otak dan otak merespon perintah dari hati atau kemauan kita. Oleh karena itu antara kemauan, pikiran dan gerak tubuh adalah merupakan sebuah kesatuan yang tak terpisahkan. Oleh karena itu di sini akan disajikan tips-tips untuk mengendalikan diri kita saat emosi, yang nantinya juga akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental kita :
  1. Carilah tempat yang nyaman untuk duduk.
       Suatu ketika anda sangat kesal dan marah, jika anda tengah berdiri maka cepat-cepatlah mencari sofa empuk yang sekiranya nyaman, lalu duduklah. Konon posisi duduk dapat mengurangi tekanan emosi anda sebanyak 20% serta mengurangi darah yang terkumpul di kepala akibat emos.
   2. Aturlah nafas dengan perlahan
  Aturlah nafas anda secara pelan-pelan sampai anda merasa tenang dan nafas anda teratur kembali. Nafas orang yang tengah emosi konon seperti nafas seorang pelari maraton yang habis berlari bermil-mil. Carilah udara segar untuk bernafas, jika anda berada di ruangan, maka keluarlah sejenak.
   3. Baca Istighfar banyak-banyak
       Ada kalanya mengingat Allah adalah salah satu alternatif untuk meredamkan emosi. Dengan mengingatnya, kita akan lebih sadar diri bahwa kita tidak mampu dan tak ada apa-apanya dibandingkan kuasaNya. Yakinlah bahwa sesuatu yang menyebabkan anda emosi tersebut merupakan suatu cobaan untuk menguji kesabaran anda.
   4. Berpikirlah Positive Thinking
      Berpikiran negatif terhadap orang lain hanya akan membuat hati kita terasa gundah gulana, pikiran melayang dan selalu dihantui rasa takut akan terjadi suatu hal negatif. Lama-kelamaan hal tersebut akan mempengurangi kesehatan dan mental kita. Oleh karena itu cobalah untuk selalu berpositive thinking, bahwa segala sesuatu di dunia ini adalah mungkin, begitu juga dengan hal-hal yang kita senangi atau inginkan, yakinilah bahwa impian anda akan terealisasi. Dengan demikian pikiran akan tersugesti untuk bertindak positif selaras dengan impian yang kita inginkan. Maka seketika kita akan lupa pada emosi yang tadi kita pikirkan.
   5. Dengarkan lagu-lagu mellow atau melankolis
   Dari hasil penelitian menyatakan bahwa lagu mellow mampu mempengaruhi pertumbuhan tanaman untuk lebih tumbuh subur. Tak hanya itu saja, lagu mellow juga mampu merelaksasi pikiran dan melupakan emosi sejenak. Lagu-lagu seperti jazz, slow pop, acoustic dan sejenisnya adalah pilihan lagu yang patut anda pilih untuk menenangkan diri anda serta memberi ruang sejenak untuk ketenangan dan kenyamanan anda. 
    Well, sekian nih tips-tips dari saya, mudah-mudahan bisa bantu temen-temen yang agak kesulitan mengendalikan diri saat emosi. =)

Tags : Tips mengurangi emosi, tips bersabar, tips jitu, cara mengendalikan diri, cara mengendalikan emosi, tips mengendalikan emosi, mengurangi emosi, mengurangi emosi, tips psikologi, psikologi, mental, pikiran, mengendalikan pikiran

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting