Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

11/14/2011

Demam Korea

Demam Korea Menjangkiti Remaja Indonesia
 
   Kulit putih tinggi semampai, bermata sipit, berwajah cute dengan tren fashion yang sedap dipandang mata, apalagi kalau bukan idola para remaja saat ini. Tampaknya artis-artis korea atau biasa dikenal dengan sebutan K-Poop itu telah mendapatkan tempat di hati para penggemarnya, yang mayoritas remaja. 
      Ternyata demam di Indonesia tidak hanya demam karena terserang flu  saja, namun kali ini demam yang paling menjangkiti para remaja adalah demam Korea. Demam ini berawal dari kehadirannya di drama Korea yang ditayangka di salah satu stasiun televisi di Indonesia. Berawal dari kemahiran akting dan alur ceritanya yang sangat memikat hati pemirsa seperti drama Endless Love, Sassy Girl, Full House, BBF dan lainnya yang menghadirkan artis-artis Korea papan atas membuat remaja semakin menggandrunginya hingga sampailah pada kemuncullan Boyband  dan Girlband. Dua diantaranya yang paling terkenal adalah Suju atau Super Junior untuk Boyband dan SNSD untuk Girlbandnya. Keunikan dari penampilan para performer ini terletak pada kelincahan dan kekompakannya dalam memainkan koreografi sambil menyanyi. Selain itu didukung juga dengan make up wajah yang unik, fresh dan cute dengan kekhasan fashionnya yang berbeda dengan artis-artis lainnya. Padahal menyanyi sambil berkoreografi secara kompak adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Karena mereka harus menyeimbangkan gerakan dengan nada agar dapat memberikan penampilan yang perfect.
    Demam Korea ini ternyata membawa berkah tersendiri bagi para pebisnis. Permintaan pasar akan kemunculan media-media yang bertopik Korea sangat besar. Maka tak jarang pebisnis yang meraih untung besar melalui bisnis Korean stuffnya, melalui pemublikasian dalam bentuk media cetak, tayangan telivisi bahkan melalui pengadaan artis-artis baru Indonesia yang bertemakan Boyband dan Girlband. Maka tak jarang di beberapa media visual maupun cetak muncullah nama-nama grup vokal pendatang baru diantaranya adalah Smash, Seven Icon, Cherry Belle, Hits, The Princess, dsb. Meskipun lagu dan tema yang diusung dalam single lagu mereka terkesan plagiat, mereka masih banyak menerima sambutan dan antusias remaja yang cukup besar. Sehingga artis-artis dadakan tersebut menjadi kebanjiran job. Hal ini tentu saja menjadi ladang emas bagi pebisnis untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Karena remaja tidak pernah enggan untuk mengeluarkan kocek besar demi tercapainya kepuasan untuk menikmati suguhan dan tayangan menarik dari idolanya tersebut.
   Di balik semua fenomena itu, ternyata demam Korea juga tidak baik bagi masa depan remaja. Korean Syndrome membuat waktu remaja hanya terfokus pada sebuah rasa kekaguman dan kesenangan mereka pada idolanya saja. Sehingga tak jarang waktu mereka lebih banyak terbuang untuk sekedar menonton video-video Girlband dan Boyband Korea, bahkan uang mereka juga teralihkan untuk membeli stuff-stuff berbau Korea seperti mug, gantungan kunci, jumper impor, kaos, sepatu dan masih banyak lagi. Dan juga sering kita temui remaja sudah mulai banyak yang berbohong pada orang tuanya. Uang SPP dari orang tua yang seharusnya mereka bayarkan, malah mereka gunakan untuk membeli barang-barang berbau Korea. Kasus ini sering terjadi berdasarkan informasi yang saya peroleh langsung dari pebisnis Korean stuff itu sendiri. 
     Tak hanya itu saja, mereka  juga jadi semakin kurang aktif bersosialisasi, belajar dan berorganisasi. Ketika dosen atau guru memberikan tugas, mereka takkan segera mengerjakannya malah lebih memilih asyik menonton video Korea atau berbrowsing ria untuk mengetahui informasi terkini artis-artis Korea tersebut. Tidak hanya dalam tingkah laku saja namun kini gaya berpakaian ala Korea juga semakin menggejolak di kalangan remaja. Mulai dari rambut yang dicat coklat tua ala Korea, rebounding, mata yang berlensa kontak, dan gaya berpakaian dengan rok mini tentu saja sangat dominan dengan gaya berpakaian negeri Korea Selatan itu. 
    Apakah hal ini patut dibiarkan? Kalau remaja Indonesia sudah tidak bangga lagi dengan budaya Indonesianya, bagaimana masa depan bangsa kita? Apakah seperti itu idola remaja saat ini? Mengidolakan penampilan orang hasil operasi plastik? Yup, operasi plastik. Jangn salah terka bahwa sebenarnya K-pop yang memiliki tubuh ideal dengan wajah yang sempurna itu sebenarnya adalah hasil operasi plastik. Kini tehnologi telah canggih sehingga kekurangan tubuh seperti apapun bisa dimanipulasi. Benar-benar sangat kronis.
   Sebagai bangsa Indonesia kita seharusnya bangga akan budaya kita sendiri. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bangga akan budayanya sendiri. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa marilah kita saling mengingatkan terhadap orang-orang terdekat kita yang masih belum bangga akan budayanya bahkan merubah kiblat gaya hidupnya dengan budaya kebarat-baratan ala Korea. Mempelajari budaya luar itu bagus, namun hendaknya lebih dulu kita seleksi mana yang baik dan buruk untuk kita. Dan jangan segan-segan untuk terus berjuang menegakkan cita-cita kita dengan memanfaatkan masa muda kita dengan sebaik-baiknya. Well, Keep your culture as loving your country! =)



1 komentar:

  1. PENGAKUAN SAYA BERSAMA KELUARGA BESAR SAYA,INI BUKAN REKAYASA ATAU PUN CERITA BENE BENER TERBUKTI SAMASAYA.
    ASSALAMU ALAIKUM WR.WB....
    Perkenalkan nama saya IBU MASUJI saya sangat berterimah kasih banyak kepada Aki atas bantuanya angka ghoib yang aki berikan kepada yaitu (8324) benar-benar tembus 100%, mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka jitu...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar mampus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk ,hingga akhirnya saya di kasih info kepada teman saya untuk menjadi member AKI RANGGONG,dan ternyata angka ritual ghoib yang AKI kirim kepada saya ternyata jitu..akhirnya terbayar hutang saya ini dan akhirnya saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...bagi anda yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!
    KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUMKAN DI INTERNET…


    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting