Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

1/31/2012

Gangguan Sistem Online Kampus

Kendala Pemrograman Mata Kuliah Jalur Online

   Setelah sekitar 3 minggu lamanya mahasiswa Universitas Jember menjalani libur semester, mereka telah disambut dengan rutinitasnya yang dilakukan pada setiap awal semester, yaitu melakukan pemrograman online mata kuliah yang akan ditempuh melalui SIAM (Sistem Informasi Mahasiswa Universitas Jember). Melalui SIAM ini, mahasiswa dapat melakukan pemrograman mata kuliah, pergantian dosen wali, pengecekan hasil studi, dsb. Kehadiran SIAM memang sangat membantu mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan. Namun ternyata awal semester kali ini SIAM menjadi berbeda dan sangat menyulitkan. Hal ini terjadi oleh suatu sebab, yaitu pada hari sabtu, 29 Januari 2012 pukul 19.30 sore hari, sebuah petir dengan muatan listrik yang besar telah menyambar salah satu server vital milik Universitas Jember. Server ini merupakan server penting yang membantu pemrograman serta pendataan kegiatan akademik di kampus, seperti yang terdapat pada sistem pengecekan NIM card untuk meminjam buku di perpustakaan, mengecek mahasiswa yang akan masuk perpustakaan serta hal yang paling penting saat ini adalah melakukan pemrograman online melalui SIAM oleh para mahasiswa yang akan memilih mata kuliahnya.
    Kerusakan ini sangat parah, sehingga server tersebut tidak dapat digunakan lagi dan harus diganti dengan server yang baru. Untuk dapat memperbaikinya, ternyata memakan waktu yang tidak sedikit. Padahal sebentar lagi yaitu tanggal 30 Januari adalah hari pertama untuk heregristrasi dan pemrograman mata kuliah. Sudah pasti dapat diperkirakan bahwa nantinya akan banyak mahasiswa yang kecewa dengan pengumuman adanya kabar buruk tak terduga tersebut.
   Pada tanggal 30 Januari sejak dini hari, mahasiswa sudah antri berkumpul di area wifi kampus UNEJ tercinta. Banyak diantara mereka yang membawa laptop masing-masing untuk mengakses wifi, karena pada awalnya mereka belum mengira akan terjadi keterlambatan akses online tersebut. Mahasiswa mulai tersebar d beberapa area wifi aktif, seperti di gedung perpustakaan pusat, fakultas MIPA, dan UPTTI UNEJ. Sebenarnya wifi sudah terjangkau di area fakultas masing-masing, namun pada saat ini sinyal masih sangat lemah. Jika digunakan untuk membuka Google, Yahoo, Facebook, dsb. loading yang berjalan akan cepat, tapi tidak demikian saat mereka membuka situs SIAM UNEJ, sama sekali tak ada koneksi. Hal ini menimbulkan keresahan di kalangan mahasiswa yang ingin segera memrogram mata kuliahnya, karena sampai sore hari kemarin, SIAM belum bisa diakses.
    Hari ini di depan gedung UPPTI terdapat 3 orang security berjajar sembari memberikan penjelasan kepada para mahasiswa yang ada di sekitar sana yang hendak mencoba mengakses SIAm bahwa SIAM akan dapat diakses dan selesai diperbaiki kemungkinan pada pukul 9.30 pagi ini. Di samping security tersebut telah berdiri papan-papan berdiri dengan pemberitahuan yang intinya 'Server sedang dalam perbaikan karena tersambar petir dan akan selesai diperbaiki paling awal pada pukul 9.30 31 Januari'. Sehingga sesampainya di sana mahasiswa yang berniat online mengurungkan niatnya sembari mengekspresikan sedikit kekecewaannya. Namun KRS ternyata baru dapat diakses sekitar pukul 10.30, dan itupun dengan koneksi yang sangat lambat. Untuk memilih 24 sks membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam.
    Maklum, SIAM memang berbeda dengan sistem online pemrograman mata kuliah di universitas lainnya yang mudah diakses di mana saja dengan jangka waktu pemrograman yang panjang sehingga kemungkinan terjadinya loading lambat atau error akan dapat dicegah. Perlu diketahui bahwa SIAM UNEJ hanya bisa diakses dengan wifi saja di wilayah kampus UNEJ, mengingat server yang digunakan masih berbasis LAN (Local Area Networking) sehingga jika kita mengakses SIAM diluar kampus, halaman web takkan berjalan. Maka tak heran jika untuk memrogram mata kuliah saja, mahasiswa harus bolak-balik ke kampus dan tak cukup satu hari saja. Bahkan mahasiswa di luar Jember pun harus rela datang sendiri ke kampus untuk melakukan pemrograman, jika tidak biasanya mereka menitipkan pemrograman ke teman. 
   Kawan, sebenarnya hal ini sudah merupakan lagu lama berwujud kendala yang selalu kita alami pada setiap semesternya. Ada saja hal yang membuat terhambatnya sistem online kampus. Seperti pada tahun kemarin misalnya, untuk mendapatkan status perkuliahan aktif mahasiswa harus antri berjam-jam di depan lab Ti hanya untuk sekedar memberikan fotocopyan bukti pembayaran SPP. Padahal hal tersebut belum pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya bahwa status 'aktif' kuliah akan langung terdapat pada SIAM otomatis bergitu kita melakukan pembayaran SPP melalui bank. Dan sekarang ini terjadi lagi kendala server tersambar petir.
    Sebenarnya banyak diantara mahasiswa yang sangat prihatin dan kecewa akan ketidaklancaran sistem online perkuliahan ini. Pemrograman mata kuliah maksimal 24 sks saja harus memakan waktu berhari-hari, menunggu di depan gedung UPTTI, mengantri di depan lab sampai menunggu loading akses internet yang sangat lambat. Bagaimana tidak, mahasiswa yang berjumlah sekitar 17.729 orang ini mau tidak mau harus mengakses jalur online SIAM dalam waktu dan area yang sama??!! Apakah tidak ada solusi yang lebih efektif dari permasalahan ini??
    Herannya, apakah memang terlalu sulit untuk melakukan pemrograman di luar kampus, dan apakah memang di kampus sudah kehabisan orang pandai sehingga sulit sekali untuk menemukan cara mengakses SIAM?
    Mahasiswa adalah calon generasi penerus bangsa. Penerus bangsa yang akan mampu mengubah bangsa kita seperti apapun. Generasi bangsa telah siap untuk belajar di perkuliahan untuk dapat memajukan nama negara dan bangsa. Sehingga dengan hormat, setidaknya anak bangsa layak diberikan pelayanan yang prima dan memuaskan serta tidak dipersulit dalam sistem perkuliahan, terutama untuk melakukan pemrograman mata kuliah tersebut. Mahasiswa setiap bulannya sudah wajib membayar biasa spp per semester, sehingga tidak salah jika mahasiswa menuntut hak mereka untuk dilayani dengan baik.
   Oleh karena itu, kami menghimbau para staf & rektorat untuk segera menindaklanjuti masalah ini agar mahasiswa lebih mudah mengakses SIAM seperti yang dilakukan mahasiswa-mahasiswa di universitas lainnya. Terima kasih. :)

Tags : Sistem online, sistem informatika, jalur online, mata kuliah, pemrograman mata kuliah, kekecewaan mahasiswa, server tersambar petir, kerusakan jalur online, dunia TI

9 komentar:

  1. Setuju skali...
    Namun apabila hanya kita2 mahasiswa yang baca hanyalah jeruk minum jeruk..
    Usahakan artikel ini direpost agar banyak orang yang baca, bila perlu sampai para petinggi Universitas sampai fakultas..
    Udah taon 2012, pelayananx majux hanya sementara, yang nampak hanya kemunduran..

    BalasHapus
  2. Thaks wt masukannya. Sebenarnya artikel ini udah dikirim ke email humas di website resminya UNEJ bersamaan dg terbitnya postingan ni, namun anehnya sampai hr ni blm ad email balasan. Hm sayang jg nih yg komen g ad namanya.. xixi

    BalasHapus
  3. iya nih,sya pribadi sbg mhsiswa jg dipersulit dgn adanya SIAM yg hanya bisa diakses ddaerah kampus saja,kalau ada kebijakan ya harus ada solusi juga donk,qt bayar mahal,koneksi lemot, (bnr gak tuh)...

    BalasHapus
  4. Sweeepp bangeeeett bener, rektor nya baru tapi pelayanan lama sama aja tuh

    BalasHapus
  5. ini memang lagu lama,tp kalau untuk yang satu ini sudah dalam taraf akut...

    BalasHapus
  6. Untuk Periode ini sudah bisa diakses via publik kok di http://www.siam.unej.ac.id atau https://www.siam.unej.ac.id
    Kami juga berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa, semoga dengan adanya KRS-Online ini bisa membantu kelancaran proses Daftar ulang periode 2012..
    Harapan kita semua semoga tidakada kendala selama proses Pemrograman.
    Terimakasih dan Selamat Belajar..

    BalasHapus
  7. @Dedie : Ya trims,, 1 kemajuan. cuman mesti molor dan g stabil koneksinya, bandwithnya mungkin harus ditambah lagi, jadi waktu tanggal 28-29 september saya akses di luar kampus masih belum bisa. Kata temen ane "wah, anda belum beruntung!",,-_-! ya saya "coba lagi" hehe (ky coba" berhadiah nie). tpi tetep g bisa.padhal siam itu jdwal krs-an udah telat diundur 1 bulan (aslinya juli awal)

    hm,, alhasil dari sistem yg masih 'ketip-ketip' on-off,Perkuliahan yg semula dimulai tgl 3 September 2012 diundur lagi gara" sistem online jadi masuknya tgl 10 September 2012. 1 bulan+10 hari deh molornya.

    Terima kasih bang dedie,, saya bisa nganggur dulu masuk tgl 3 diundur tgl 10 bisa maen" dulu k rmh tmn" he3x

    BalasHapus
  8. galau hal ini membuat mahasiswa rentan mutasi meninggalkan unej

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting