Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

1/02/2012

UAS di Awal Tahun Baru bagi Mahasiswa

UAS menyambut Tahun Baru 2012

   Bener-bener nggak nyangka kalau kita telah memasuki gerbang baru menuju tahun baru 2012. Tentunya kita semua menginginkan adanya perubahan-perubahan baru baik dalam diri kita sendiri ataupun perubahan pada negeri kita ini untuk menjadi negeri yang adil, makmur dan aman sentausa. 
   Jika pada malam tahun baru kemarin banyak orang yang merayakannya dengan penuh suka cita melalui berbagai perayaan tahun baru seperti berkumpul bersama keluarga, meniup terompet, menggelar pesta, hingga berkumpul bersama masyarakat di alun-alun kota. Namun sekarang istirahatkan efek dari pasca tahun baruan itu, karena kita sebagai mahasiswa, terutama mahasiswa Universitas Jember, tengah menghadapi UAS atau ujian semester mulai tanggal 2 Januari sampai 11 Januari 2012 (wah kayak lagunya Gigi.. 11 januari bertemu =P). Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa seharusnya tidak terlalu lama terlena dengan suasana tahun baruan kemarin hingga melupakan tugas utama kita untuk belajar dan memperdalam ilmu pengetahuan melalui lembaga perkuliahan. Maka, mari kita fokuskan diri pada ujian semester tersebut dan mengistirahatkan segala kesenangan dan hobi kita untuk sementara waktu agar kita bisa memperoleh hasil yang maksimal pada ujian semester kali ini.
   Lingkungan mahasiswa atau lingkungan kampus memang merupakan lingkungan yang penuh dengan berbagai banyak godaan, seperti banyaknya tempat nongkrong, cafe, diskotik, pub, tempat karaoke, lingkungan yang mendukung adanya kegiatan pacaran antara pemuda dan pemudinya, kontrakan yang tak dijaga pemiliknya sehingga cowok dan cewek bebas berkumpul di sana, pacar yang selalu memantau tiap kegiatan kita, aktifitas kerja sambilan mahasiswa yang terkadang lembur sampai larut malam, serta berbagai godaan yang menyebabkan mahasiswa tidak bisa fokus pada kegiatan belajarnya.
Namun godaan seperti apapun takkan mampu untuk menguasai hidup kita dan menjerumuskan kita jika kita masih memegang prinsip dan iman. Sehingga sudah sepatutnya dari awal kita harus membentengi diri dengan dan dua hal penting tersebut.
    Godaan tersebut ternyata telah banyak membuat kawan mahasiswa terlena sehingga menjadi lupa tujuan utamanya memasuki dunia kampus. Tujuan mereka yang semula untuk mencari ilmu sudah tak terarah lagi menjadi bermacam-macam tujuan yang terkontaminasi, seperti mahasiswa yang lebih aktif menjadi organisator, mahasiswa yang aktif pacaran, mahasiswa yang aktif hura-hura, aktif ngecengin cewek-cewek, aktif jalan-jalan dan nongkrong, aktif menghabiskan duit orang tua, aktif shopping di mall serta berbagai aktivitas mahasiswa yang tak semakin terarah akibat adanya godaan-godaan tersebut.
    Melihat dari berbagai fenomena tersebut kita harus memulai langkah dari diri kita sendiri yaitu dengan menjadi mahasiswa yang cendekiawan, aktif, positif dan beriman, serta tak lupa mengingatkan kawan mahasiswa lainnya agar mau meluruskan tujuan utama kuliah mereka dan mengabaikan serta menjauhkan diri dari godaan dan aktivitas foya-foya dan penghabisan waktu yang sia-sia tersebut. Dengan begitu, kita semua akan dapat menciptakan nuansa wilayah kampus yang religi, nyaman dan tertib sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif. Bila hal itu terwujud maka generasi bangsa seperti para sarjana dan lulusan perguruan tinggi nanti akan menjadi generasi penerus bangsa yang unggul yang merupakan agent of change yang dapat membawa negara Indonesia ini menjadi negara yang maju. 
      Kawan, janganlah lalai dan menunda waktumu untuk melakukan kebaikan. Mari kita luruskan pandangan untuk melesatkan anak panah kita ke tepat sasaran untuk mewujudkan cita-cita luhur kita sebagai mahasiswa generasi penerus bangsa sebagai tokoh intelektual dan cendekiawan muda agar hidup kita bisa berguna bagi agama, bangsa dan negara. Amien.
    
   Jangan mengharap apa yang diberikan negara padamu, namun pikirkanlah apa yang bisa kamu berikan pada negaramu. 

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting