Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

1/04/2012

Memanfaatkan Waktu Luang

Waktu Luangku Amat Berharga

      Di awal pergantian tahun ini para pelajar, termasuk mahasiswa ternyata tengah dalam kondisi PEWE, alias posisi wenak bin santai. Yup, akhir tahun 2011 pelajar telah mendapat jatah liburan seusai ujian semester selama dua minggu. Berbeda dengan mahaisiswa, khususnya mahasiswa Universitas Jember hanya memiliki satu minggu sebelum pergantian tahun yang disebut sebagai minggu tenang untuk persiapan menghadapi UAS. UAS pun hanya diselenggarakan satu setengah minggu, yaitu tanggal 2-11 Januari 2012. Sehingga sisa hari dalam bulan Januari ini merupakan hari-hari santai mereka. Pasti telah banyak mahasiswa yang sudah merencanakan kegiatan di musim libur mereka. Nah, bagi yang belum punya plan apapun, berikut ane suguhkan tips-tips jitu memanfaatkan waktu luang agar waktu kita bisa lebih bermanfaat dan bersemangat :

1. Ikut kegiatan UKM kampus
    Pasti sudah banyak berdiri bermacam-macam UKM di kampus kita yang menawarkan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk liburan kita nanti. Misal, UKM pecinta alam tengah menawarkan kegiatan outbond mendaki kawah ijen dan perkemahan. Nah, bagi kawan yang haus akan petualangan dan tantangan mungkin opsi tersebut bisa dijadikan pilihan baik. Sehingga liburan kita nanti, bisa diisi dengan melakukan berbagai persiapan untuk melakukan kegiatan pendakian tersebut. Dan waktu luang yang lumayan panjang bisa terasa lebih menyenangkan, apalagi kita beraktivitas bersama teman-teman kampus lainnya. Tentunya akan sangat membantu kita untuk mengusir jenuh selama liburan.

2.Kerja
    Opsi ini sangat menarik terutama bagi mahasiswa kampus yang lagi butuh uang saku tambahan. Selain mengisi liburan kan bisa sekalian dapat duit. Maklum, biaya kos, biaya hidup dan biaya pacaran pun semakin mahal. Yah, lumayanlah nanti hasil jerih payah kita bisa kita buat traktir si Doi di restoran yang romantis. Jangan bingung, kerja tidak harus terikat kontrak panjang sampai-sampai kita harus mengambil cuti kuliah. Sekarang udah banyak kok tempat-tempat yang menawarkan lowongan kerja cepat dan singkat. Biasanya upahnya dibayar secara harian sehingga benar-benar memberi keleluasaan bagi kita untuk mengatur waktu kita pada saat liburan. Atau kita bisa bantu-bantu kerja di toko saudara atau paman kita selama liburan. Dijamin deh kegiatan yang satu ini nggak bakal ngecewain, karena selain memanfaatkan waktu luang kita juga mendapatkan keahlian kerja gratis, dan satu lagi duitnya. Hehe =P

3. Magang
    Salah satu persyaratan ujian skripsi adalah pernah satu kali magang di sebuah instansi. Kebetulan banget kan, mumpung liburan kita bisa magang duluan. Sehingga saat bulan perkuliahan dimulai lagi dan harus ikut ujian skripsi, kita tak perlu repot-repot lagi mencari laporan magang. Magang juga merupakan sarana terbaik untuk belajar menjalani realita hidup, karena secara langsung kita telah terjun di tengah-tengah masyarakat sebagai pekerja di instansi tersebut. Selain itu, terkadang ada juga instansi yang mau membayar aktivitas magang kita. Meskipun tidak begitu besar, kalau ada rezeki datang tak ada salahnya kita terima. Namun, sebelum magang pastikan dulu kalain telah mengurus administrasi dan segala perizinan magang melalui kampus, agar magang kita lebih berarti dan legal.

4. Mengembangkan Hobi
    Setiap orang pasti punya hobi masing-masing. Ada yang hobinya memancing, menari, memasak, berburu, berenang, dll. Mengingat waktu luang kita banyak, sebaiknya waktu luang tersebut digunakan untuk mengembangkan hobi kita. Mengapa harus hobi? Karena hobi adalah hal yang setiap kita mengerjakannya kita akan selalu merasa senang, tidak lekas jenuh dan sangat bersemangat. Jika sebuah aktivitas kita lakukan dengan senang hati, maka sesuatu yang sulit akan terasa mudah. Seperti halnya dengan hobi memasak. Ketika kita diminta adik/keluarga untuk membuat suatu menu masakan Italia yang pembuatannya sangat sukar dan membutuhkan tehnik memasak khusus, bagi orang yang hobi memasak, hal itu adalah sebuah tantangan yang harus diselesaikan. Walaupun sulit pasti bagi orang yang suka akan tetap dilakukannya semaksimal mungkin melalui proses berulang-ulang. Oleh karena itu hobi merupakan salah satu kegiatan yang mengasikkan yang dapat mengisi waktu luang kita selama liburan.

5. Membantu Ortu
    Sebenarnya tugas mahasiswa sangat ringan sekali. Karena sebagaian besar mahasiswa di Indonesia masih bergantung kepada orang tuanya. Dengan kata lain segala kebutuhan hidup mereka masih ditanggung oleh orang tua. Kawan tinggal enak, sewa kosan, biaya makan, jalan-jalan, uang kuliah dan kegiatan praktikum semuanya masih dibiayai ortu. Karena budaya kita memang berbeda dengan budaya barat. Di budaya barat, anak yang sudah berumur 17 tahun umumnya sudah harus bekerja dan tinggal di apartemen sendiri, jadi mereka sudah terlatih untuk mandiri dan tak bergantung pada orang tua sejak muda. Kembali lagi ke Indonesia. Budaya mahasiswa saat liburan jika tak ada kegiatan kampus, mereka akan pulang ke kampung halamannya. Lalu apa yang harus dilakukan di rumah? Ternyata banyak! Inilah saat yang tepat bagi kita untuk membalas kebaikan ortu. Misal, dengan cara membantu ibu di dapur, mencuci pakaian, menyetrika, kalau biasanya ibu kita yang menyiapkan makanan, maka pada saat liburan kitalah yang harus memasakkan makanan untuk mereka. Layanilah ortu kita dengan nyaman dan senang hati agar ortu pun ikut senang akan kehadiran kita di rumah serta bangga akan sikap kita. Dengan begitu, waktu takkan terbuang percuma kan? ^_*

    Kawan, itu tadi beberapa tips jitu buat kalian yang sebentar lagi akan menghadapi liburan akhir semester yang lumayan panjang. Sehingga amat disayangkan jika kita tak bisa memanfaatkan waktu luang kita dengan sebaik mungkin. Karena waktu akan terus berputar dan tak bisa diulang seiring bertambahnya umur kita. Selamat Liburan.....!!^_^

Tags : Liburan, ujian akhir semester, waktu luang, memanfaatkan waktu luang, waktu bermanfaat, aktivitas mahasiswa, semangat, akhir semester, tips-tips jitu

3 komentar:

  1. tips yang menarik dan bermanfaat sahabat, btw link sudah dipasang, salam sukses.

    BalasHapus
  2. Trims banyak. Salam sukses slalu juga. ^^

    BalasHapus
  3. Blog walking in the morning, I hope you are happy today

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting