Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

1/26/2012

Menentukan Target = Awal Keberhasilan


Target sebagai Penyemangat Hidup

   Kupandangi seorang pemanah ulung yang tengah menarik busur panahnya kuat-kuat dari jarak sekian meter lalu melepaskannya lurus dan tepat mengenai sasaran di titik tengahnya. Hebat! Ya, kata itu patut terucap untuknya. Bagaimana bisa seseorang yang jauh dari titik sasaran bisa melambungkan mata panahnya dengan sangat tepat, kalau tidak dengan pertimbangan dan perhitungan yang matang. Kedua hal tersebutlah yang akan muncul jika titik sasaran sudah ditemukan.
   Seorang pemanah dari awal sudah tahu arah mata panahnya akan diarahkan kemana, yaitu pada satu titik sasaran bertanda hitam yang tertera pada papan panahan. Sehingga dia akan memusatkan pikiran dan pandangannya ke arah titik sasaran tersebut. Fokus, fokus dan fokus. Ternyata memanah saja memerlukan target yang amat detail. Bagaimana dengan kita? Apakah kita seperti itu? Sudah memikirkan target sasaran kita dengan amat detail??
   Kawan, menentukan target ternyata sangat penting untuk menggapai kesuksesan kita. Tanpa target, usaha dan kerja keras kita akan kurang memuaskan, tidak konsisten dan sering terbawa arus. Ibarat kapal yang tak bernahkoda, kapal tersebut akan terombang-ambing oleh ombak sampai-sampai arah haluannya menjadi berubah karena tidak ada yang mengemudikan lajunya. Jika sudah demikian maka kapal takkan pernah sampai ke tempat tujuan dengan selamat.
   Target adalah suatu perencanaan kegiatan yang ingin dicapai, suatu metode penerapan pencapaian perencanaan yang dilakukan dengan manajemen khusus dan difokuskan pada hasil yang lebih maksimal. Dari pengertian tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa dengan menentukan target, tujuan kita akan lebih terarah, terfokus dan hasil yang dicapai akan lebih maksimal. Lalu seperti apakah bentuk dari sebuah target itu?
   Target dapat kita tentukan setelah melakukan analisa berpikir dan melalui pertimbangan matang bahwa target yang kita capai itu adalah nilai mutlak yang tidak dapat diganggu gugat. Jika kita terlalu takut atau minder untuk menentukan target yang terlalu tinggi, itu artinya bahwa kita belum siap untuk menerima segala resiko yang bakal kita tempuh nantinya. Di samping itu target juga merupakan unsur yang dapat menumbuhkan semangat juang. Karena dalam sebuah perjalanan hidup kita pasti mempunyai tujuan dan cita-cita, dengan membayangkan cita-cita terwujud akan membuat diri kita semakin bersemangat mengusahakan impian kita tersebut. Berani mencoba dan terus mencoba. Seperti kisah balita yang tengah tertatih-tatih untuk berdiri. Balita tersebut mungkin akan terjatuh untuk berulang kali, namun kemudian bangun dan bangun lagi. Awalnya memang terjatuh membuat balita tersebut merasa sakit, namun kepercayaan dan semangat untuk dapat berdiri tegak membuatnya pantang menyerah, dan hingga akhirnya balita tersebut berhasil berdiri dengan tegap bahkan berjalan. Lalu terdengarlah gelak tawanya yang ceria karena berhasil meraih tujuannya.
   Tanpa kita sadari, sewaktu kecil kita sebenarnya pernah mengalami masa seperti yang dialami oleh balita tersebut. Namun anehnya saat beranjak dewasa, kita mulai dinaungi rasa ketakutan dulu sebelum mencoba suatu hal. Jika dipikir-pikir, masa diri kita yang sekarang ini lebih lemah daripada saat kita balita dulu??! Oleh karena itu kawan, sekarang kita harus lebih kuat terjatuh dan terjatuh lagi, mengalami kegagalan, resiko dan rintangan yang bertubi-tubi adalah sepadan dengan cita-cita yang kita impikan. Jika kita sudah merasa hampir putus asa, ingatlah akan sederet target yang telah menunggu kita sembari tersenyum di ujung jalan itu. Tiada orang yang berhasil tanpa menuai kegagalan terlebih dulu, kecuali orang yang beruntung.
 
Jadi, mau menanti-nanti keberuntungan untuk meraih sukses ataukah menjemput kesuksesan dengan segala resikonya?? Well, decide your target NOW!!^^




3 komentar:

  1. Target memang sangat penting sebagai bagian perencanaan strategi sekaligus untuk memotivasi dan tolok ukur keberhasilan suatu kegiatan. Nice posting

    BalasHapus
  2. HMMMM, SEMPAT SEDIH BACA INI KRM DAHULU SEMUA BUYAR....
    BAGUS DEH, LIKE POS...
    LINK KAMU UDA SUAH DI PASANG, SILAHKAN DI CEK KE TKP...
    HAPPY KOMENTAR & SALAM KKISP :)

    BalasHapus
  3. Target menjadikan tujuan terarah dan terfokus untuk mencapai sasaran yang maksimal

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting