Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

1/06/2012

Menuju Keseimbangan Hidup

Hidup adalah karunia

      Dalam ilmu Fisika, seimbang adalah istilah dimana massa suatu benda sama atau tidak berat sebelah. Keseimbangan biasa diterapkan melalui alat penimbang untuk memudahkan manusia melakukan transaksi atau jual beli barang. Namun ternyata, hidup kita juga membutuhkan keseimbangan juga. Hidup yang tidak seimbang akan membawa kita pada kejenuhan, kesulitan dan ketidakteraturan. Keseimbangan hidup sangat kita butuhkan agar kebutuhan psikis dan fisik kita terpenuhi. Karena manusia adalah makhluk yang bernaluri sehingga naluri yang menimbulkan adanya suatu keinginan tersebut jika tidak dipenuhi maka manusia itu akan tersiksa bahkan bisa mati.
     Lantas keseimbangan hidup seperti apakah yang dibutuhkan manusia?? Nah, berikut adalah beberapa aspek yang mempengaruhi keseimbangan hidup manusia :
Agama
    Untuk menjalani hidup manusia memerlukan adanya pedoman, dan pedoman hidup itulah yang dinamakan agama. Manusia akan rapuh dan bertindak semaunya sendiri tanpa adanya agama. Seperti halnya saat kita membeli alat elektronik, pasti disertai buku panduan penggunaannya, karena kita akan kesulitan menggunakan alat tersebut tanpa mempelajari buku panduannya. Begitu juga dengan manusia, agama telah memberikan segala panduan hidup manusia melalui Al Qur’an agar manusia mempelajarinya dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misal, agama mengajarkan kita untuk beribadah, bersedekah, dan bersilahturahmi. Jika aturan tersebut kita terapkan kita akan memperoleh kesimbangan hidup. Maka dari itu salah satu unsur kehidupan yang harus dimiliki manusia adalah agama, agamalah yang memberikan keseimbangan hidup di dunia dan akhirat.
Interaksi Sosial
   Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. Pada dasarnya manusia diciptakan dengan banyak kemampuan namun terbatas. Sehingga mereka masih kesulitan untuk melakukan aktivitas yang begitu banyaknya dalam hidup ini. Dan jika dilakukan dengan seorang diri akan sangat melelahkan serta menyita waktu sehingga timbullah keinginan untuk meminta bantuan orang lain melalui interaksi sosial demi terwujudnya keinginan manusia tersebut. Contohnya, untuk dapat menciptakan kebersihan dan kebersihan lingkungan rumah, kita harus bergotong-royong bekerja bakti membersihkan dan menata keindahan lingkungan perumahan agar pekerjaan cepat selesai. Selain itu, interaksi sosial merupakan salah satu naluri manusia untuk berhubungan dengan manusia lainnya. Manusia butuh orang lain untuk bercerita dan berbagi, karena pada hakekatnya manusia ingin diakui keberadaannya serta ingin dihargai. Oleh karena itu interaksi sosial juga memegang peranan penting untuk menuju keseimbangan hidup.
Finansial
      Finansial atau faktor ekonomi adalah hal yang sangat sensitif sekali untuk dibicarakan , namun sangat penting. Ada pepatah mengatakan bahwa Uang bukan segalannya, namun segalanya butuh uang. Tidak dipungkiri bahwa kita sekarang tengah hidup di era globalisasi yang serba modern dan serba komersil. Keadaan ini menuntut kita untuk memperoleh keamanan finansial yang baik agar kebutuhan kita tercukupi. Melalui finansial kita bisa memperoleh kebahagiaan, kenyamanan, keamanan, kemakmuran, dan kesejahteraan melalui fasilitas pemenuh kebutuhan hidup yang ditawarkan orang. Sehingga untuk memperoleh keamanan finansial tersebut kita harus bekerja. Melalui bekerja, selain untuk memperoleh penghasilan, bekerja ternyata mampu mengasah keahlian kita, meningkatkan fleksibilitas kerja, melatih kedisiplinan serta tanggung jawab. Sehingga hidup kita akan lebih berwarna dan penuh tantangan, karena tantanganlah yang membuat diri kita semakin kuat menghadapi badai kehidupan ini. Dan hal itulah yang memberikan keseimbangan dalam hidup kita.
Kesehatan
       
   Harta yang paling mahal di dunia ini adalah kesehatan. Demi kesehatan kita rela mengeluarkan uang banyak bahkan mendatangi tempat-tempat pengobatan yang amat jauh untuk dapat sembuh. Memang jika orang sudah sakit, berapa pun biaya akan dikeluarkan. Maka kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan karuniaNya berupa kesehatan. Kesehatan membuat kita bebas beraktivitas dengan tubuh yang bugar. Karunia ini wajib kita jaga, yaitu dengan cara berolahraga, makan makanan yang bergizi, hidup teratur, serta menghindari rokok, narkoba dan minuman beralkohol yang berpotensi merusak sistem imun tubuh kita. Menjaga kesehatan akan membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Di samping itu juga bisa menyegarkan pikiran kita untuk bersemangat memulai aktivitas baru yang akan berujung pada keseimbangan hidup kita. Maka, jagalah kesehatan dari sekarang.

Hiburan
     Manusia setiap harinya selalu mempunyai rutinitas tersendiri. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi manusia menjalani aktivitas yang tiada hentinya. Sehingga memungkinkan adanya titik jenuh akan rutinitas tersebut. Jika kejenuhan tersebut semakin meningkat, maka akan memacu timbulnya stres. Gejalanya bisa berupa pusing, nyeri pada persendian, sampai rasa mual-mual bahkan bisa sampai menangis atau berteriak-teriak. Hal ini harus kita hindari yaitu dengan cara menyeimbangkan hidup kita melalui hiburan. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, dan sesuatu yang serba kekurangan itu juga tidak baik. Oleh karena itu kita membutuhkan kontrol diri akan aktivitas padat kita tadi melalui hiburan. Hiburan sangat efektif untuk merelaksasi pikiran kita agar dapat aktif kembali menyambut rutinitas dan aktivitas berikutnya. Seperti yang diketahui banyak sekali hiburan yang ditawarkan sekarang ini seperti liburan ke suatu daerah, jalan-jalan, berwisata kuliner, menyanyi, spa ataupun tidur. Banyak opsi yang bisa anda pilih, namun kadarnya juga harus disesuaikan dengan sikon anda. Misal, saat anda harus lembur di kantor dengan mengerjakan laporan di depan komputer, usahakan tiap satu atau jam sekali untuk sebentar berelaksasi dengan minum secangkir kopi sambil mendengarkan lagu atau menggerakkan otot-otot tubuh. Meskipun sebentar namun hiburan yang sederhana seperti itu sangat mampu mengontrol keseimbangan hidup kita.



   Kelima aspek di atas sebenarnya merupakan aspek-aspek inti yang mendorong terciptanya keseimbangan hidup kita yang lain. Seperti adanya hiburan yang akan membawa dampak positif pada kesehatan psikis kita. Well, jadikan hidup kita menjadi lebih sehat dan tertata karena hidup adalah karunia Allah yang patut dijaga.^^

Tags : keseimbangan hidup, menata hidup, kebahagiaan, kesehatan, agama, hiburan, interaksi sosial, finansial, kesejahteraan hidup, hidup teratur, hidup sehat

2 komentar:

  1. postingan yang sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  2. Salam Kenal sob,sekedar Info linknya suda sy pasang di blog saya ya sob.tks

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting