Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

1/12/2012

Aturan Main Bisnis Online

Online Shopping merambahi pasar Indonesia

  

   Sejalan dengan berkembangannya dunia tehnologi informasi dan komunikasi atau TIK, semakin lama semakin banyak perkembangan di dunia maya melalui internet. Sekarang orang tak perlu repot-repot lagi untuk mencari sesuatu, mereka hanya perlu berada di depan monitor yang teresambung dengan internet lalu mengetikkan kata kunci atau keyword dari sesuatu yang ingin dicari, maka segal hal yang berhubungan dengan keyword tersebut akan segera muncul dalam hitungan detik melalui berbagai situs-situs yang ada. Informasi yang diinginkan pun juga semakin lengkap, pengguna bisa mendapatkan gambar, artikel, audio, bahkan video dari keyword yang dicari. Benar-benar memudahkan kerja manusia.
   Salah satu pemanfaatan dari adanya perkembangan tehnologi tersebut adalah internet sebagai sarana berbisnis melalui bisnis online. Bisnis online adalah bisnis yang memberikan peluang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, jika pengguna internet di dunia semakin bertambah setiap harinya hingga mencapai 6.930.055.154 pengguna di seluruh dunia. Bahkan Indonesia menempati urutan ke-11 dari dua puluh negara pengguna internet terbesar di seluruh dunia. Tentu saja hal ini merupakan peluang pasar yang sangat menjanjikan. Tanpa pergi ke luar negeri dan ke tempat-tempat jauh, bisnis kita bisa terkenal dan dikenal oleh semua orang hanya melalui situs bisnis online kita. Dan ini akan memberikan dampak positif bagi bertambahnya pelanggan yang akan membeli produk kita. Jika produk kita bisa memasuki pasar luar negeri, ini merupakan langkah positif bagi Indonesia untuk meningkatkan kegiatan ekspor ke luar negeri yang nantinya akan membangkitkan perekonomian dalam negeri.
   Bisnis online memang memudahkan kegiatan transaksi kita, tanpa perlu membuka toko saja penjualan bisa dilakukan. Bahkan pembeli dan penjual tidak harus bertatap muka dan mengenal satu sama lain. Semua dilakukan secara online di dunia maya ini. Namun ada beberapa hal yang harus kita waspadai dalam menjalankan transaksi online, khusunya bagi pebisnis online yang baru terjun ke bisnis dunia maya ini, berikut diantaranya :
Mengadakan kesepakatan jual beli di awal transaksi
   Penjual yang cermat haruslah cermat pula memperhitungkan resiko yang timbul dalam sebuah transaksi online, untuk menghindari adanya komplain pada barang yang dikirim, mengingat dalam bisnis online kita memakai jasa pengiriman kilat seperti JNE, ESL dan TIKI. Sehingga dikhawatirkan terjadi resiko barang berubah dan berbeda dari awal pengiriman dengan keadaan barang saat diterima pembeli, namun hal ini sangat kecil sekali terjadi karena pihak jasa pengiriman sudah menanyakan pada pengirim jenis barang yang akan dikirim. Untuk menghindari hal tersebut dan meningkatkan pelayanan guna menjaga kualitas barang, hendaknya penjual mengadakan kesepakatan jual beli terlebih dulu atas barang yang ditransaksikan. Misalnya jika barang tidak sesuai dengan foto yang terpajang di situs atau keadaannya cacat, maka barang boleh dikirimkan kembali ke penjual sebagai bukti fisik kecacatan produk, dan akan diganti dengan barang baru. Sehingga penjual akan merasa lebih percaya pada bisnis kita, karena kita berani memberikan mereka garansi. Di samping itu, hal ini juga efektif meminimalisir terjadinya kritikan dan komen negatif dari pelanggan yang tidak puas akan produk kita.
Melayani pengiriman setelah pembayaran 
    Melakukan pengiriman setelah pembayaran ditransfer ke rekening penjual merupakan cara yang paling aman untuk menghindari penipuan. Karena rata-rata jika barang dikirim dulu tanpa adanya pembayaran, akan terdapat resiko penipuan yang besar, seperti pembeli yang menunda pembayaran dengan jangka waktu yang panjang. Dan hal ini sangat merugikan penjual. Karena modal untuk membeli barang baru untuk dijual lagi semakin berkurang. Oleh karena itu untuk memudahkan transaksi penjual harus memiliki paling tidak 3 jenis rekening bank seperti BCA, BRI dan Mandiri. Bank-bank tersebut adalah bank yang mayoritas digunakan orang untuk aktivitas transfer dan transaksi. Selain itu penjual harus jujur, dipercaya dan disiplin dalam melakukan pengiriman. Jangan sampai penjual baru mengirimkan barang setelah seminggu transferan diterima. Hal ini akan mengakibatkan banyak komplain dari para pelanggan.
Memberikan pelayanan prima demi kepuasan pelanggan
    Dimana-mana pembeli adalah raja. Mereka ingin dilayani dengan baik dan maksimal untuk mendapatkan kepuasan bertransaksi. Maka dari itu penjual harus menyadari hal ini bahwa pelanggan memang menginginkan kepuasan dari pelayanan kegiatan transaksi. Bila pelanggan merasa puas, mereka takkan segan-segan untuk mengeluarkan pundi-pundi uangnya kepada kita. Bahkan sampai mempromosikan produk kita ke teman-teman atau rekan bisnisnya. Perlu diingat, jika anda menemui pelanggan yang sikapnya kritis mengomentari produk yang dijual, penjual harus tetap melayani mereka dengan baik melalui berbagai jawaban memuaskan akan nilai positif dan negatif produk yang anda jual. Penjual tak perlu khawatir menunjukkan sisi negatif produknya, justru dengan memberitahukan kelebihan dan kekuarangan produk kita pembeli akan lebih percaya pada kita, karena kita adalah penjual terpercaya yang tidak menipu pelanggan dengan rayuan iklan dan promosi produk kita. Dan rata-rata calon pembeli melontarkan kritikan itu hanya untuk mengecek kualitas barang serta mencari kepuasan akan komunikasi transaksi yang baik.
Bekerja sama dengan situs terpercaya lain
   Inti dari kesuksesan bisnis online agar dikenal banyak pengguna internet, adalah tingginya ranking situs bisnis online kita di Google atau Yahoo. Karena banyak pengguna internet mencari barang yang diinginkannya dengan mengetikkan keyword barang tersebut melalui Google dan Yahoo. Jika daftar atau ranking situs anda berada pada halaman pertama search engine kemungkinan besar akan banyak pengguna yang akan mengunjungi situs anda. Sehingga barang yang mereka cari akan terjaring pada situs bisnis online anda. Selain itu, ada cara lain untuk meningkatkan pengunjung situs kita, yaitu dengan memasang iklan pada situs yang rankingnya tinggi dan sering dikunjungi oleh banyak pengunjung. Anda bisa bekerja sama dengan pemilik tersebut, tentunya tidaklah gratis. Namanya beriklan ya harus ada pembayaran, jadi agar iklan anda muncul di situs mereka, anda harus membayar biaya iklan tersebut. Beberapa situs terkenal yang menawarkan jasa pemasangan iklan di situs mereka adalah Kompas.com, google adsense, Yahoo, Okezone.com, tokobagus.com, detik.com, kapanlagi.com, dll. Mayoritas situs tersebut berisi artikel yang disenangi pengguna internet. Sehingga ketika pengunjung tengah membaca artikel, secara tak langsung mereka melihat iklan anda. Jika tertarik mereka akan mengeclick iklan anda yang akan dialihkan pada situs bisnis online anda. Maka sangat disarankan anda juga memasang iklan pada situs-situs produktif tersebut. Biaya periklanan bisnis anda akan terasa amat kecil jika dibandingakn dengan potensi penjualan yang akan meningkat secara berlipat dari iklan yang anda sebarkan di situs-situs terkenal tersebut.
    Beberapa hal di atas semoga menjadi referensi yang baik untuk kemajuan bisnis online anda, mengingat sekarang ini jiwa entrepreneurship tengah marak digalakkan di berbagai kalangan pemuda yang semakin dipermudah dengan fasilitas online. Praktek itu penting namun akan lebih baik lagi jika kita bisa meminimalisir resiko dari hal yang kita pelajari. =)

Tags : bisnis online, internet marketing, iklan, adsense, online shopping, jual beli, situs, perkembangan internet, pebisnis

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting