Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

2/20/2012

Kewajiban Menuntut Ilmu

Menuntut Ilmu adalah Ibadah
    Al Hasan Al Basri, seorang ulama sekaligus cendekiawan muslim berkata :
   "Segala macam amalan tanpa dasar ilmu, seperti orang yang berjalan tetapi tidak pada tempatnya berpijak."  

    Manusia tanpa ilmu hanyalah seperti tong kosong yang nyaring bunyinya. Ia hanya bisa berkata-kata namun apa yang dikatakannya tak lain hanyalah omong kosong dan bualan buah dari pemikirannya tanpa merujuk pada sumber yang pasti. Ternyata begitu pentingnya keharusan untuk menuntut ilmu membuat manusia rela untuk menempuh jarak berkilo-kilo, bahkan mengeluarkan tak sedikit harta demi mendapatkan ilmu bermanfaat dan berguna.
    Seorang janda penjual jamu gendong yang berusia paruh baya tekun menjalankan aktivitasnya yaitu menjual jamu gendong secara keliling. Jamu yang dijual perbungkusnya hanya Rp.1000,00 dengan keuntungan yang amat sedikit ternyata mampu mengantarkan anak-anaknya menjadi seorang sarjana hingga jenjang S2. Wanita itu bernama Siyem yang sehari-hari bekerja menjual jamu gendong. Kini anak pertamanya tengah menempuh jenjang S2 di Jepang, sementara adiknya telah lulus Magister Akutansi dari sebuah perguruan tinggi swasta di Jogja. Sungguh sangat luar biasa! Kegigihan seorang wanita yang berusaha untuk mengubah nasib hidup agar lebih baik ternyata membuahkan hasil. Siyem menganggap bahwa pendidikan sangatlah penting untuk memperbaiki taraf hidup. Ia ingin anak-anaknya memiliki pekerjaan yang lebih baik darinya. Ya, ternyata ilmu dapat menaikkan derajat manusia. (sumber : Seperti yang dikisahkan dalam acara Kick Andi!)
     Dengan ilmu, hidup manusia akan lebih bersahaja. Menuntut ilmu bukanlah semata-mata untuk mencari nilai yang tinggi untuk membanggakan orang tua kita. Melainkan menuntut ilmu adalah kewajiban ibadah bagi setiap muslim. Menuntut ilmu dengan didasari niat ibadah akan memberikan motivasi jangka panjang untuk memperkuat kegigihan kita agar tidak menyerah di tengah jalan. Apakah kawan pernah menemukan seseorang yang putus asa dalam mencari ilmu? Ya, saya pernah menemuinya dimana seorang teman kuliah saya mulai merasa jenuh dengan aktivitas perkuliahan. Padahal jurusan yang dipilihnya itu memang berdasarkan dengan keinginannnya sendiri bukan paksaan. Namun ternyata hal ini menjadi suatu kendala yang sangat besar ketika dia menginginkan kebebasan untuk terlepas dari aktivitas kuliah. Kejenuhan membuatnya stres dengan dibebankannya tugas-tugas kuliah yang menumpuk serta ujian yang terasa semakin berat. Hal ini membuatnya memutuskan untuk berhenti kuliah dan memilih untuk bekerja saja. Baginya kuliah susah-susah nanti ujung-ujungnya juga untuk mencari kerja alias cari duit. Maka dengan bekerja investasi hidup dan waktunya akan lebih banyak untuk memperoleh kekayaan, yaitu dengan mencari uang lebih awal daripada memilih untuk menuntut ilmu, mengingat kebahagiaan dan derajat manusia sekarang ini diukur dari banyak sedikitnya materi yang dipunyai. Jadi menurutnya kuliah tidaklah penting jika kita sudah mampu mencari banyak uang. Hal itulah yang kemudian membuat teman saya mengabaikan kuliahnya dan memilih untuk bekerja.
    Memang IP tinggi atau hasil ujian yang bagus bukan segala-galanya jaminan untuk meraih kesuksesan hidup. Namun perlu kita ketahui standar dari kemampuan kita dalam menuntut ilmu direalisasikan dalam bentuk nilai atau IP. Sehingga jika kita mampu menguasai dan memahami ilmu yang kita peroleh baik dalam bentuk tugas ataupun hasil ujian yang bagus, maka tak mengherankan jika usaha kita tersebut tercantum dalam angka-angka yang disebut IP. Jika kita bisa menunjukkan kemampuan kita semaksimal mungkin, bukanlah wajar jika IP kita tinggi dan kesempatan untuk menempuh SKS berikutnya terbuka lebar. Dan bila kita mampu menempuh total SKS yang ditawarkan tersebut dalam waktu singkat, maka peluang untuk sukses di awal untuk menerapkan ilmu yang kita dapat di perkuliahan akan semakin terbuka lebar. Kita akan segera diwisuda lalu terjun ke masyarakat untuk membagikan ilmu kita pada mereka. Karena ilmu hanyalah tinggal ilmu saja jika kita hanya menyerap ilmu untuk diri kita sendiri tanpa membagikannya pada orang lain. Ilmu takkan bermanfaat jika tidak pernah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Maka keikhlasan untuk berbagi ilmu juga sangat disarankan.
   Seperi yang terkisah dalam lembaran cerita berikut, tentang sebuah desa terpencil dimana mayoritas warganya terdiri dari orang-orang kurang mampu. Untuk membiayai hidupnya saja mereka sudah sangat kesulitan, lalu akankah mereka masih sempat memikirkan kewajiban untuk menuntut ilmu bagi anak-anaknya? Padahal biaya hidup semakin mahal, begitu juga biaya pendidikan. Untuk memasuki jenjang sekolah dasar saja, harus memakan biaya pendaftaran atau biaya awal yang jumlahnya jutaan. Ternyata kemiskinan telah membuat anak-anak bangsa kesulitan untuk memperoleh pendidikan yang layak dan berkualitas. Sehingga tak mengherankan jika banyak diantara mereka yang putus sekolah dan lebih memilih bekerja demi membantu orang tuanya mencari nafkah. Anak-anak putus sekolah itu biasanya bekerja dengan cara bertani, mengamen, berkebun, mencari belalang ataupun mencari kayu bakar di hutan untuk dijual ke pasar. Hal ini menjadi perbincangan di sejumlah pengamat perkembangan anak bahwa anak seusia mereka tidak seharunya mengalami masa yang berat mencari nafkah untuk mencukupi kehidupan keluarga. Mereka masih membutuhkan pendidikan dan ilmu bermanfaat bagi masa depannya kelak, mereka masih butuh bermain, mereka masih ingin berbagi canda tawa bersama teman-temannya yang lain. Namun semua itu tinggallah impian kala nasib mempertemukan mereka pada realita hidup untuk bekerja keras mencari nafkah serta mengabaikan kewajiban dalam menuntut ilmu.
    Dari secuplik kehidupan nyata di atas kita dapat mengetahui betapa mahalnya pendidikan negara ini. Padahal sebuah negara dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang handal, cerdas dan bersahaja agar dapat bersaing di era global atau bahkan memperjuangkan budaya dan adat bangsa Indonesia ini yaitu dengan cara menuntut ilmu. Penguasaan ilmu yang baik serta luasnya pengetahuan akan meningkatkan pola pikir anak bangsa, dapat memfilter budaya asing yang masuk, meningkatkan peradaban, memperbaiki tingkah laku serta memperbaiki akhlak manusia. Bangsa yang cerdas adalah bangsa yang tidak dapat dibodohi oleh pengaruh budaya asing dan imperialisme yang terselubung masuk diantara pesatnya globalisasi. Mereka akan menggunakan ilmu untuk tujuan yang benar dan bermanfaat serta berguna bagi kesahteraan masyarakat. Karena jika kita berilmu kita akan menjadi pelayan masyarakat karena kita dianggap lebih daripada mereka. Kitalah yang mampu menjawab ambiguisme dan kegundahan masyarakat tentang kebenaran suatu hal. Hanya dengan ilmu manusia dapat berarti dalam hidupnya. Semoga kita selalu diberkahi ilmu yang bermanfaat dan berguna bagi dunia dan akhirat. Amien. =)

22 komentar:

  1. betul sob ilmu itu adalah harta kita,..
    namana ilmu ga bakala berat di bawa kemanapun,

    nice share...
    salam kenal

    happy blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengakuan tulus dari haliva..kerja di arab saudi.. saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,, serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada AKI,WIJAYA,,saya sudah kerja sebagai TKI selama 7 tahun di arab saudi,,dengan gaji lebih kurang 2.7jt/bln..tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,,apalagi setiap bulan harus mengirim orangtua di jawa timur,,sudah lama saya mengetahui roomnya om ini,,juga sudah lama mendengar nama besar AKI,,tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal ghoib,,jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yang mau menipu.. dan kemarin saya di beri 4d yaitu 8129,,saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,,angka yang di beri AKI, 2314 ternyata tembus,,awalnya saya coba2 menelpon,,saya bilang saya terlantar di arab saudi,,tidak ada ongkos pulang,,terus beliau bantu kasih angka 2314 setelah saya mendaftar ..mulanya saya tidak percaya,,mana mungkin angka ini keluar,,tapi dengan penuh pengharapan saya pasangi kali 350 lembar,,sisa gaji bulan maret ternyata meledak..!!! dapat BLT 775jt..sekali lagi terima kasih banyak AKI,WIJAYA,,saya sudah kapok kerja jadi TKI,,rencana bulan ini mau pulang aja ke jawa timur,,buat AKI,,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI.. yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI,WIJAYA di nomor(.0_8.2_3_3_3_3_1_4_9_4_7.) demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa ibu haliva ASLI SURABAYA JAWA TIMUR

      Hapus
  2. Setuju banget! Semoga kita termasuk golongan orang yang berilmu dan bermanfaat ya.

    Negara yang ingin maju sepatutnya memberikan jaminan pendidikan yang terjangkau kepada semua warganya.

    BalasHapus
  3. Menyemangati untuk selalu mempunyai kemauan belajar, akan membuahkan hasil yang maksimal...


    Salam Blogger (",)

    BalasHapus
  4. Ilmu adalah harta yang paling berharga dan tak akan habis meski kita terus bagi! dan menuntut ilmu adalh sebuah kewajiban!

    BalasHapus
  5. menabung harta kan habis sebelum akhir usia , menabung ilmu tak kan habis hingga akhir usia :-)

    BalasHapus
  6. trs menuntut ilmu tanpa batas.

    BalasHapus
  7. Hadir lagi di sini. Happy blogging :)

    BalasHapus
  8. tapi ilmunya harus ilmu yg baik.. jangan menuntut ilmu hitam :)

    BalasHapus
  9. Hi there! I know this is sort of off-topic but I needed to ask.
    Does building a well-established website like yours take a lot of work?
    I am completely new to operating a blog however I do write in my diary daily.

    I'd like to start a blog so I can easily share my own experience and feelings online. Please let me know if you have any kind of recommendations or tips for new aspiring bloggers. Thankyou!
    Also visit my site free iphone

    BalasHapus
  10. Hey there excellent website! Does running a blog such as this take a lot of work?
    I have very little understanding of computer programming however I was hoping to start my own blog
    soon. Anyway, if you have any suggestions or tips for new blog owners please share.
    I know this is off topic however I simply wanted to ask.
    Kudos!
    Have a look at my site :: auto responder

    BalasHapus
  11. Do you have a spam issue on this site; I also am a blogger,
    and I was wondering your situation; we have developed some nice procedures and we are looking to trade strategies with other folks, be sure
    to shoot me an email if interested.
    My weblog ... diablo 3 achievement guide

    BalasHapus
  12. Thanks for every other great article. The place else could anybody get that type of info in such
    a perfect means of writing? I have a presentation next week, and
    I'm at the search for such info.
    Also visit my homepage ; how to lose man boobs fast

    BalasHapus
  13. I am actually thankful to the holder of this web page
    who has shared this fantastic post at at this time.
    Feel free to surf my webpage :: adult acne

    BalasHapus
  14. I loved as much as you'll receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored material stylish. nonetheless, you command get bought an impatience over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again as exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike.
    My homepage ; get rid pimples naturally

    BalasHapus
  15. Howdy just wanted to give you a quick heads
    up and let you know a few of the images aren't loading correctly. I'm not sure why but I think
    its a linking issue. I've tried it in two different browsers and both show the same outcome.
    Also see my website: 50 cent tattoo removal

    BalasHapus
  16. .: Allah SWT memberikan satu derajat lebih tinggi bagi orang2 yang berilmu atau orang yang sholeh....^_^

    BalasHapus
  17. Great post. I was checking constantly this weblog and I'm inspired! Extremely helpful information specially the remaining section :) I deal with such information a lot. I was looking for this certain information for a long time. Thank you and best of luck.
    my website: http://immobilienalanya.net/immobilien-bodrum

    BalasHapus
  18. BAGI (i) YANG SERING KALAH
    DALAM BERMAIN TOGEL ANDA BISA DAPATKAN
    SOLUSINYA DENGAN BERGABUNG DI MEMBER
    MASTER TOGEL INDONESIA.

    DARI PADA SAUDARA (i) PASANG ANGKA YANG
    TIDAK JELAS, NIAT HATI INGIN MENANG
    NAMUN MALAH TAMBAH HANCUR-HANCURAN
    & TAMBAH MELARAT AKHIRNYA DILILIT
    UTANG PIUTANG HARTA,KAS UANG RAIB
    ENTAH KEMANA.

    COBA PIKIRKAN KERUGIAN ANDA TIAP HARI?

    JIKA BERMINAT GABUNG DENGAN MASTER TOGEL

    SILAHKAN HUBUNGI=KI SANTA

    Karna saya buktikan angka yg diberikan KI SANTA 4d 2145 SGP betul’’ tembus 100%.allhamdulillah berkat bantuan AKI SANTA saya dapat 157 juta dan saya sudag lunasin hutang hutang saya yang ada DI BANK.HUB.AKI SANTA DI NOMOR
    082311843455 HK/SGP/ JIKA ADA YANG BERMINAT NOMOR GHOIB HASIL RITUAL SILAKAN HUBUNGI KI SANTA PETIR DI JAMIN TEMBUS 100%.JIKA ANDA INGIN DAPAT ANGKA GOIB KLIK DISINI http://dukun-togel27.blogspot.com
    /

    UNTUK PUTARAN SGP<> HKG<> LAOS<> SIDNEY<> MACAU <>THAILAND<> MALAYSIA <>ARAB SAUDI<>SIO UNTUK 2D<> 3D<> 4D<> 5D<> 6D> UNTUK TAHUN 2014 -2015 AKI AKAN MEMBANTU KAWAN2 SEMUA SAMPAI AKHIR TAHUN 2015 KALAU MASIH ADA KESEMPATAN HUB SECEPATNYA AKI SANTA DI NOMOR 0823 1184 3455 thank’s room’x sobat

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting