Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

4/20/2012

The Next Kartini

Sosok Kartini menginspirasi para wanita

     Kartini adalah nama salah seorang pejuang wanita dalam bidang pendidikan yang telah berjasa memuliakan hak-hak kaum wanita untuk memperoleh kedudukan yang setara dengan laki-laki dalam bidang pendidikan. Beliau begitu tangguh dalam memperjuangkan nasib kaum wanita pribumi yang hak-haknya sangat dibedakan dengan kaum laki-laki pada masa penjajahan Belanda dulu. Meski sangat berat beban dan tanggung jawab yang dipikulnya, namun Kartini tidak putus asa, beliau menjadi lebih terpacu untuk mewujudkan impiannya, yaitu memperoleh standar kesamaan dalam hal memperoleh pendidikan dengan kaum laki-laki. Bahwasanya jaman dulu, wanita dianggap hanya sebagai seseorang yang harus bisa melayani suami, sibuk di dapur & berdandan saja. Atau dalam bahasa Jawa disebut sebagai macak, manak & manak. Sedangkan laki-laki memiliki kedudukan berbeda. Sehingga para orang tua selalu menomorsatukan anak laki-lakinya agar bisa bersekolah di sekolah elit bangsawan (pada masa itu belum ada sekolah pribumi) daripada anak perempuannya.
    Persepsi yang salah tentang kedudukan wanita di mata bangsa Indonesia pada zaman dulu akhirnya telah berhasil diubah oleh Kartini. Sosok perempuan yang sangat lembut dan santun ternyata mempunyai karakter yang amatlah kuat hingga bisa memberikan sumbang sih terbesarnya dalam menyetarakan hak pria dan wanita dalam hal kebebasan memperoleh pendidikan. Dan akhirnya sampai sekarang ini perempuan Indonesia bisa menikmati hasil upayanya. Kita (perempuan) sudah bisa menikmati pendidikan yang layak di Indonesia mulai dari TK, SD bahkan sampai ke perguruan tinggi. Bahkan lembaga pendidikan di Indonesia sudah bisa melambuangkan nama-nama wanita Indonesia yang telah berhasil meraih gelar master dari luar negeri. Seperti yang kita ketahui wanita-wanita yang hebat tersebut adalah :

1.    Megawati Soekarno Putri
      Presiden Ke-5 Indonesia, putri dari presiden pertama kita yang mengikuti jejak ayahnya. Megawati juga merupakan ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dicalonkan menjadi presiden pada pemilu 2004 dan 2009 silam.
2.    Sri Mulyani Indrawati
    Wanita sekaligus orang pertama Indonesia yang menjabat sebagai Pelaksana Direktur Bank Dunia. Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.
3.    Kristiani Herrawati Yudhoyono
    Istri dari presiden ke-6 Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Lulusan dari Universitas Merdeka dengan gelar Sarjana Ilmu Politik di tahun 1998. Banyak sinyalemen yang mengindikasikan sosok ini sebagai calon presiden yang diunggulkan Partai Demokrat dalam pemilu 2014 mendatang.
4.    Miranda Swaray Goeltom
    Seorang deputi senior gubernur Bank Indonesia dan guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Sebelumnya dia menjabat sebagai deputi gubernur BI. ia pernah mengambil alih posisi sebagai Pejabat Pelakasana Tugas Harian Gubernur Bank Indonesia.
5.    Siti Murdaya
    Orang terkaya di Indonesia no. 13 menurut majalah Forbes 2008. Pemimpin Central Cakra Murdaya/Berca Group yang juga Ketua umum WALUBI ini terkenal sebagai pengusaha yang berjiwa filantropi. 

    Jika melihat deretan wanita-wanita hebat di atas, pasti kita akan langsung berdecak kagum. Seorang wanita bahkan bisa sangat berpengaruh di dunia. Wanita hebat Indonesia yang lahir dari pendidikan yang hebat pula dengan penuh kegigihan dan kerja keras. Jika mereka bisa menjadi wanita cerdas dan hebat, mengapa kita tidak? Bukankah mereka sama-sama dari Indonesia? Sama-sama mengenyam pendidikan di Indonesia? Bagaimana dengan kita?
    Setinggi apa pun cita-cita perempuan Indonesia pada masa itu akan sulit tercapai tanpa bantuan Kartini. Kartinilah yang membuat kita bisa menimati pendidikan layak. Saya pun merasakannya, hingga saat ini saya bisa kuliah dan mengenyam pendidikan berkualitas di perguruan tinggi. Pendidikan yang hebat juga akan melahirkan sosok wanita yang hebat bagi masa depan bangsa asal diiringi dengan kerja keras, kegigihan dan doa. Kawan, yakinkan pada diri kita semua, bahwa kita bisa menjadi The Next Kartini yang dapat mengharumkan nama Indonesia ke depannya. 
     Semangat! ♥♥♥♥♥♥♥♥SELAMAT HARI KARTINI ♥♥♥♥♥♥;)


1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting