Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

7/02/2012

Bali is Paradise Island

Pesona Wajah Bali

    Jika kita ingin melatih penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris dengan orang asing atau native speaker, kita tidak perlu repot berkunjung ke luar negeri. Tentu saja karena orang-orang asing atau para pelancong dunia tersebut bisa kita temui di sebluah pulau bak surga dunia.. apalagi jika bukan BALI. Bali atau terkenal dengan julukan Paradise Island memang menyimban berjuta keindahan yang tiada tara, baik berupa alam ataupun budayanya. Uniknya turis yang berkunjung ke Bali mengenal Bali sebagai sebuah pulau tanpa mengetahui jika Bali berada di negara Indonesia. 
    Bali menurut istilah berarti 'Mbali' atau bahasa jawa 'Mbalek' yang berarti kembali. Maka tak heran jika ada sepasang mata yang pertama kali berjumpa dengan Bali akan rindu lagi untuk berkunjung kembali ke sekian kalinya ke pulau Surgawi ini. Bali adalah pulau yang terdiri dari wilayah perbukitan, pegunungan dan pantai membuat alamnya sangat beraneka dan memukau mata. Begitu juga dengan budaya Hindunya yang sangat kental. Ya, mayoritas penduduk Bali menganut agama Hindu. Sehingga tak jarang ditemui ukiran-ukiran seni di setiap sudut bangunan yang berdiri. Memang arsitektur Hindu memberikan kesan yang sangat artistik dan unik, seperti ukiran pura yang menceritakan kisah kerajaan, patung dewa, bangunan dari kayu, dll. Semuanya khas Bali dan jarang ditemui di daerah lain di Indonesia.
   Anyway, bicara tentang Bali, kemarin aku baru saja jalan-jalan ke Paradise Islan ini. Tepatnya bersama rombongan Winda's English Course tempatku mengajar. Jadi, aku bersama para teachers dan murid-muridku yang lain berangkat bersama dari Jember menaiki bus travel. Ini dia kisahku....
16 Juni   
     Rombongan berangkat ke Bali dari Winda's English Course bersama-sama dengan menaiki Akas Green. Lalu tiba di tempat tujuan pada dini hari. Tempat pertama yang dituju adalah pantai Sanur, karena dini hari adalah waktu yang tepat untuk melihat Sunrise atau matahari terbit. Sanur adalah pantai yang berpasir putih yang sangat bersih. Sunrise dapat dilihat pada pukul 5-6 pagi. Tentu saja, pemandangannya sangat indah sekali. Kami bisa menikmati Sunrise berwarna oranye menyala dengan jelas. Sekitar pukul 7 pagi kami melanjutkan perjalanan menuju tempat transit.
   Di tempat transit, atau hotel di kawasan Denpasar, rombongan bisa menikmati sarapan dan mandi dulu. Untuk kemudian melanjutkan perjalanan selanjutnya ke dataran tinggi Bali, yaitu di tempat wisata Uluwatu. Letaknya cukup jauh dari pusat kota. Kami harus menghabiskan perjalanan selama 1,5 jam. 
   Setelah tiba di Uluwatu, kami di sambut dengan pemandu yang sudah berpakaian adat Bali. Sebelum memasuki pura Uluwatu, kami harus mengenakan selendang yang diikat di pinggang. Uluwatu adalah nama sebuah pura yang berada di puncak dataran tinggi di Bali. Di sekitar pura terdapat banyak monyet, yang sudah siap menyambut pengunjung. Dengan kata lain, jangan membawa asesoris yang terlalu menyolok atau berwarna jika anda tak ingin kehilangan asesoris tersebut gara-gara direbut monyet-monyet itu. 
    Memasuki Uluwatu, aku sangat kagum dengan panoramanya yang sangat memukau, karena aku bisa melihat laut biru dan tebing curam menyatu dari dekat. Di sana juga banyak turis mancanegara yang berkunjung. Mayoritas turis yang datang adalah turis dari Korea, China dan Jepang. Ya, bisa dibilang turis berkulit kuning dan bermata sipit.
    Pengalaman yang tak mengenakkan terjadi padaku, salah satu murid yang kujaga menangis gara-gara buku catatannya direbut monyet, dan bulpen yang kupinjami padanya juga jadi sasaran monyet. Ah, monyet itu dengan sigap merebut bolpenku dan mematahkannya dengan gigi. Crack! Yah.. Bulpenku sudah tak bisa digunakan lagi. Maka dari itu, Kawan juga harus hati-hati jika monyet nakal itu mendekat, jangan sampai barang bawaan anda jadi sasaran mereka.
   Selanjutnya, kami menuju ke sebuah pantai yang terkenal sebagai tempat berjemurnya para turis, yaitu Dreamland. Tempat ini biasa kujumpai di FTV atau film-film remaja di televisi, dengan kata lain lokasi syutingnya para artis. Benar sekali, Dreamland adalah tempat yang indah seperti dalam mimpi. Pasirnya sangat putih bersih, dan berjajar gazebo kecil sebagai tempat nongkrong turis. Di sana, murid-muridku mencari target alias turis sebagai lawan bicara untuk Practicing English.

Setelah itu bus pun melaju menuju Jangkrik restoran. Restoran yang namanya unik ini menyajikan hidangan prasmanan yang tak kalah nikmatnya dengan masakan jawa. Uniknya, sebelum memasuki restoran, kami harus melewati showroom produk-produk Bali yang menjual berbagai kaos, baju, cinderamata, kalung, gelang, dsb. Semuanya khas Bali.
    Kenyang bersantap siang, pukul jam 3 sore kami menuju pantai Kuta. Yap, pantai ini sudah tak asing lagi. Pantai tempatnya para turis berjemur. Di pantai inilah nanti kami akan menikmati matahari tenggelam atau Sunset. Pengalaman yang tak terlupakan adalah menikmati massage dan manicure sambil merasakan hangatnya Sunset di pesisir pantai berpasir putih. Cukup murah untuk turis domestik hanya 40rb saja ^^.
   Setelah itu kami menuju restoran untuk makan malam. Restorannya terletak bersebelahan dengan Krisna Gallery, maka lagi-lagi shopping pun tak terlewatkan. Di Krisna, aku sempat membeli beberapa kalung manik-manik untuk oleh-oleh. Kalau ditanya harga, jawabnya.. MURAH euy! ;)
    Pukul 9 malam kami malanjutkan perjalanan menuju hotel Puspa Indah. Begitu sampai, wah.. nyaman bener. Hotelnya sangat asri dan fasilitasnya lengkap, ada kolam renang dan restorannya juga. Malam itu aku mendapat Double-bed room dilengkapi dengan fasilitas AC, kipas angin, televisi dan kamar mandi dalam. Malam pun semakin larut, sudah waktunya beristirahat dulu Kawan. :)

17 Juli 
     Hari minggu yang cerah adalah hari ke-2 di Bali. Jadwal pertama hari ini adalah berbelanja di Karang Kurnia Shop. Karang Kurnia lumayan dekat dari hotel tempat kami menginap sehingga hanya membutuhkan 5 menit perjalanan dengan bis saja untuk tiba di sana.
    Karang Kurnia terkenal dengan harganya yang miring alias murah abiss dengan kualitas barang standar atau sama seperti barang yang dijual di tempat lain. Pihak travel hanya memberi waktu 30 menit untuk berbelanja di sini, spontan saja aku langsung menuju rak kaos dan tas untuk membeli oleh-oleh buat ortu dan saudara di Jawa.
    Setelah puas berbelanja, kami berangkat menuju Bedugul. Bedugul terletak di dataran tinggi jaraknya cukup jauh sekitar 1 jam perjalanan dari tempat kami menginap. Namun yang kami kunjungi kali ini adalah Restoran Terapung yang terletak di samping danau Baratan, Bedugul. Di sana banyak terdapat penjual stroberi dan buah-buahan lainnya. Harganya? murah sangat Kawan. Tak hanya itu saja, kita juga bisa menyewa boat, banana boat, ski air, sampan ataupun berparaseling dengan harga mulai 60rb-an.
    Usai bersantap siang di Bedugul, kami melanjutkan perjalanan ke Joger. Berkunjung ke Bali belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Joger. Barang khas Bali dan tak ada di tempat lain, satu-satunya hanya di Joger. Joger adalah surga belanjanya anak gaul yang khas dengan pabrik kata-katanya. Barang yang dijual adalah kaos, sendal, tas, cinderamata, pin, mug, dll. Semuanya khas buatan Joger beserta kata-kata lucunya.

   Selesai shopping kami menghabiskan sore hari ke Tanah Lot. Tanah Lot adalah obyek wisata berupa pantai dimana terdapat pura di atas bukit berupa bebatuan bernilai artistik yang ada di tepi pantai. Di sini juga banyak terdapat turis. Mayoritas mereka tengah asyik berburu foto karena panorama Tanah Lot yang begitu eksotis.
   Hari mulai larut malam. Tanah Lot menjadi tempat tujuan wisata terakhir kami. Lalu rombongan pun bergegas pulang menuju Jember.

   Well, Kawan... ternyata Indonesia memiliki sebuah aset budaya yang terkenal hingga ke seluruh dunia, Bali salah satunya. Sebuah pulau yang mempesona dengan keindahan alam dan budaya aslinya. Bali, bali and Bali.. aku pengen mbali nang Bali! ^^


Tags : Bali, pulau Bali, budaya Indonesia, Tanah Lot, Bedugul, Holiday, Liburan, Travel, Winda's English Course, bahasa inggris, turis, belanja, paradise island, pantai, pura, Hindu


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting