Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

7/04/2012

Jember Lagi Hajatan

Hebohnya BBJ

    Kota Jember tengah dilanda kehebohan pada minggu-minggu ini. Mulai dari hebohnya kegiatan bazar, panggung terbuka, Climbing Competition, hingga kehebohan acara 'Ngunduh Mantu'-nya dari pasangan Anang & Ashanty, yang tak lain adalah artis terkenal yang tengah banyak dibicarakan orang sekarang ini. Bagaimana warga Jember tidak heboh? Kedua pengantin baru ini diarak dengan mobil Jib putih dengan atap terbuka melewati alun-alun Jember untuk kemudian menuju kediaman Anang di daerah Talangsari Jember pada sore hari ini. Padahal agenda yang sesungguhnya adalah pada hari Jum'at esok tanggal 6 Juli 2012, yakni acara 'Artis Pulang Kampung'. Jadi artis-artis yang dulunya asli orang Jember akan pulang ke kampung halamannya, antara lain Opick, Dewi Persik, serta pasangan selebriti Anang dan Ashanty. Acara 'Artis Pulang Kampung' ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan dari BBJ atau Bulan Berkunjung Jember. Sehingga, sudah dipastikan Jum'at esok akan menjadi acara yang paling meriah yang bertempat di alun-alun Jember. Tak diragukan lagi masyarakat Jember yang awalnya hanya bisa menonton artis-artis tersebut dari layar kaca akan menjumpai mereka secara langsung di kota Jember ini. Kemungkinan beberapa ruas jalan akan ditutup dan dijaga Satpol PP. Seperti halnya penjagaan keamanan pada acara JFC ata Jember Fashion Carnival sebelumnya yang telah mampu menyita perhatian seluruh masyarakat, bahkan masyarakat luar Jember. 

    Pada Jum'at pagi esok, acara 'Artis Pulang Kampung' akan dimulai dengan kegiatan jalan sehat bersama bersama para artis dan bupati Jember, Bpk. MZA Djalal. Kemudian diisi dengan acara pentas musik dan bazar murah yang ada di alun-alun Jember. Bahkan sekarang, kerangka panggung sudah didirikan di tengah alun-alun untuk mempersiapkan acara meriah itu. Media sosial seperti BBM, facebook, twitter, blog serta baliho dan spanduk yang menginformasikan tanggal berlangsungnya acara telah berjajar menghiasi sudut-sudut kota Jember. Tahun ini BBJ benar-benar dilaksanakan secara serius dan matang. Namun, pada acara 'Lomba Panjat Pinang' dua minggu lalu gagal diselenggarakan, berhubung pohon pinang yang akan digunakan sudah dirobohkan oleh warga karena tergiur untuk segera mengambil hadiah yang tergantung di atasnya. Ada sepeda gunung, jam dinding, dan barang-barang lainnya, jika dijual lumayan menambah kantong saku. Ya, rencana itu pun gagal meskipun aparat keamanan untuk mengamankan puluhan pohon pinang berhadiah itu telah dikerahkan, karena warga yang menyerbu hadiah jumlahnya terlalu banyak dan tak seimbang dengan pihak security
    Di lain tempat, tepatnya di kawasan perumahan Gunung Batu Permai, belakang RRI Jember, sudah berdiri tenda cantik yang disulap sebagai Roadshow dadakan anak-anak JFC. JFC atau Jember Fashion Carnival akan menghiasi jalanan kota pada tanggal 8 Juli 2012 nanti. Sehingga beberapa hari menjelang hari H, para crew dan seniman-senimannya sudah mempersiapkan kostum dan rangkaian JFC secara matang. Maka, tak heran jika saat melewati tenda-tenda cantik di depan Dynand Fariz itu, para pengendara atau pejalan kaki akan menolek terkesima dengan show off kostum para seniman mode. Ada yang mengenakan baju seperti burung, merak, kupu-kupu, dll. Kegiatan ini semakin membuktikan bahwa BBJ kali ini bakal menjadi bulan berkunjung yang lebih meriah dari tahun sebelumnya.
    Di balik kemeriahan acara-acara tersebut, ternyata muncul sejumlah kontroversi dari beberapa kalangan masyarakat yang menyayangkan keputusan Bupati untuk menyelenggarakan BBJ dengan meriah, sementara masih ada sekelumit permasalahan Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) bagi pasien yang tidak mampu. Rangkaian agenda kreatif BBJ tentunya memakan dana yang besar, dana itu tentunya diambil dari sebagian dana APBN negara. Sehingga sangat disayangkan oleh beberapa warga jika sebaiknya dana penggelaran acara dialihkan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat miskin. Padahal justru dengan BBJ, akan mengantarkan Jember menjadi kota yang terkenal di Indonesia dengan berbagai ciri khasnya. 
   Sebagai seorang warga pendatang Jember, saya turut mendukung adanya BBJ ini. Semoga BBJ bisa menjadi contoh bagi kota lain dan bupati lain untuk lebih menonjolkan kekhasan daerahnya masing-masing. Acara yang kreatif semoga akan membuat sebuah kota kecil di ujung Tenggara ini menjadi lebih dikenal di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. 


2 komentar:

  1. assallamu’alaikum, salam kenal dari saya. mantab dech semua info di sini. lengkap dan update terus. kota jember memang oke.

    salam jember
    kusnadi arisa.
    jl.sriwijaya 28/56 jember
    phone. 083847920499


    Read more: http://www.kusnadiarisa08.co.cc/

    BalasHapus
  2. @Ya2nk&39 : wah asyiikk ketemu blogger jember! ^^ tp syang bgt, gan. Blog ente g bisa ane buka cz pake co.cc banyak virusnye. cz d lepi ane terisntal antivirus pendeteksi web bervirus.. hehe

    But thanks for visiting my blog.. tetep semangat ngeblog yah.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting