Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

7/02/2012

Kebiasaan Menabung

Hemat pangkal kaya

   Masih ingatkah Kawan dengan motto ‘hemat pangkal kaya tersebut’? Yup, jika kita berhemat kita akan bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Tabungan yang sedikit demi sedikit ditambah maka lama-lama akan banyak, dan kayalah kita. Namun sepertinya di zaman yang serba modern ini menabung semakin menjadi hal yang dianggap kuno. Menabung hinga bertahun-tahun untuk mendapatkan apa yang kita inginkan ternyata disebut sebagai cara yang lambat oleh seorang pakar ekonomi. Sebaliknya menabung yang baik adalah tabungan yang berupa investasi atau dalam kekayaan properti, bisa berupa saham, tanah, rumah, tempat usaha, dll.
   Macam-macam jenis tabungan baik menabung di bank atau menabung dalam investasi memiliki tujuan yang sama yaitu memiliki uang yang banyak untuk memenuhi keinginan kita. Bagi orang yang biasa menghabiskan uangnya tanpa memiliki anggaran untuk ditabung, memang terasa amat berat untuk melaksanakan kebiasaan menabung ini. Rasa ‘sayang’ akan tidak menggunakan uang untuk berbelanja membuat orang menahan hasrat yang besar untuk membeli barang yang diinginkannya. Maka dari itu meskipun menabung adalah hal sederhana namun hal ini butuh adanya suatu kebiasaan sejak dini. Ternyata menabung harus dibiasakan sejak kita masih anak-anak. Sehingga orang tua juga berperan penting untuk mendidik anak agar terbiasa menabung.
   Sepupu kecilku yang akan duduk di bangku kelas 1 SD terbiasa membeli mainan setiap tanggal 1 di awal bulan yang bertepatan dengan hari gajian kantor ayahnya. Dan hal itu selalu berulang terus-menerus sejak dia berumur 4 tahun hingga sekarang ini. Sehingga mainannya menjadi bertumpuk banyak. Bahkan dia selalu mengingatkan orang tuanya di akhir bulan untuk membeli mainan setelah gajian nanti, karena dia sudah terbiasa dengan ‘membeli’ hal yang diinginkannya itu dengan mudah.
    Mainan yang bertumpuk sekarang sudah jarang dipakaianya lagi. Akhirnya orang tuanya menyadari bahwa sepupu kecilku ini perlu ada perubahan kebiasaan, karena sebentar lagi dia akan duduk di kelas 1 SD. Akhirnya orang tuanya membuat persyaratan bahwa setiap tanggal 1 atau hari gajian uang untuk beli mainan ditabung saja. Ortu pun menanyakan dulu barang apa yang ingin dibelinya nanti jika tabungannya sudah penuh. Namanya juga anak-anak, dia ingin membeli HP Samsung Toucsreen, walaupun jika dipikir secara logika barang tersebut baru dapat dibeli setelah menabung beberapa tahun lagi. Namun dengan hal itu, sepupu kecilku semakin termotivasi untuk menabung dan ingin segera dibelikan kaleng celengan. Maka Sang Mama pun membelikannya sebuah kaleng celengan, tentu saja yang bergambar Naruto agar Si anak lebih semangat menabung.
    Pertama kali menabung, dia sangat senang sekali. Seluruh uang yang dimilikinya hasil dari pemberian saudaranya langsung dimasukkan ke dalam kaleng. ‘Biar cepat penuh’ katanya. Dan akhirnya sekarang setiap awal bulan dia sudah tidak lagi merengek minta mainan namun lebih semangat untuk menggunakan uang pemberian orang tuanya untuk ditabung.
    Kawan, begitulah kebiasaan yang baik ternyata diawali dengan rasa yang enggan dan keterpaksaan untuk memulainya. Namun jika sudah dilakukan lama kelamaan akan menjadi rutinitas yang terasa ringan bahkan kita lebih bersemangat untuk melakukannya. Begitu juga dengan kebiasaan menabung. Menyisihkan sebagian uang amatlah berat, namun jika sudah terbiasa sejak dini hal itu akan menjadi kebiasaan yang bagus untuk investasi masa depan. Selamat menabung! ^0^


               

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting