Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

8/14/2012

Bagi-Bagi THR

Menjelang Lebaran

   Menjelang hari raya Idhul Fitri selalu identik dengan kue-kue kering lebaran, baju baru, celana baru, mukena baru, mebel baru, cat rumah baru bahkan penampilan pun harus tampil lebih menarik. Memang bukan merupakan sebuah keharusan untuk merayakan hari kemenangan dengan bermewah-mewah, segalanya harus baru dan bagus. Padahal hal terpenting yang paling bermakna saat Idhul Fitri adalah hati dan pribadi diri yang baru, lebih taat, lebih bijaksana dan lebih baik dari sebelumnya, atau biasa disebut dengan kembali ke fitri. Bersih seperti bayi, setelah sebulan lamanya umat muslim berpuasa untuk menahan lapar, haus serta hawa nafsu. Maka hari kemenangan itulah yang menjadi puncak kebahagiaan untuk lebih mencintai ISLAM dan Allah, Sang Pencipta. 
    Memang tak dapat dipungkiri jika menjelang hari raya kebutuhan kita selalu bertambah. Yang sebelumnya tak merasa perlu membeli baju, justru harus membelinya, padahal baju bulan atau tahun lalu masih bagus dipakai. Ya, hal ini telah menjadi budaya masyarakat Indonesia. Tak hanya pembeli saja yang senang dan puas namun juga pedagang yang akan kebanjiran rezeki. Banyak sekali pedagang yang memperoleh berkah dari hadirnya bulan suci Ramadhan dan Idhul Fitri, seperti pedagang baju musli, pedagang kurma, pedagang takjil, pengusaha parcel, bahkan hingga penyedia jasa sewa kendaraan. Semuanya bakal menuai berkah dari adanya dua momen ini. 
   Seiring dengan bertambahnya permintaan menjelang lebaran, barang-barang yang dijual pun semakin meningkat harganya, berarti akan sebanding dengan jumlah budget yang akan dikeluarkan. Dan momen ini oleh para perusahaan, pemerintah dan lembaga dijadikan sebagai momen yang pas untuk memperhatikan kesejahteraan karyawannya, yaitu melalui pembagian THR (Tunjangan Hari Raya). THR umunnya bisa berupa uang ataupun barang sembako serta parcel kue lebaran, tergantung pada permintaan perusahaan atau lembaga tersebut. THR sangat membantu para karyawan dalam memenuhi kebutuhannya menjelang hari raya. Ada yang anaknya minta baju baru, jatah untuk pemberian angpau ke famili, budget untuk membeli kue lebaran, kebutuhan sembako untuk hari raya, dll.
    Lantas, bagaimana dengan yang tidak kebagian THR? Seperti tukang cuci, pedagang asongan, tukang sampah, tukang ledeng, atau kaki lima yang memang tidak mempunyai jatah THR dan tidak digaji perusahaan. Tentu, momen ini terkadang menjadi masalah bagi sebagian orang. Di saat orang lain dapat menikmati momen hari raya dengan kebutuhan yang tercukupi. Sebagian orang tersebut, hanya bisa gigit jari. Bahkan ketika anak-anak mereka ingin dibelikan baju baru, Sang Bapak yang hanya sebagai pekerja serabutan hanya bisa memberi janji agar anaknya terhibur. 
    Kita sebagai manusia yang memiliki kelebihan rezeki daripada sebagaian orang tersebut seharusnya ikut merasa prihatin. Jikalau sempat mungkin kita bisa menyumbangkan baju-baju layak pakai, sedikit uang atau barang-barang sembako untuk mereka, berhubung menjelang hari raya harga sembako bisa naik harga hingga 100%. Hal tersebut meski kecil namun dapat membantu masalah finansial mereka, agar mereka juga bisa menikmati hari kemenangan dengan lebih bahagia. 
    Memang yang utama saat idhul fitri adalah bersihnya hati dan kenaikan kadar iman kita, namun juga tak dapat dipungkiri bahwa materi ternyata perlu untuk mendukung kebutuhan rohani kita. Bagaimana jika kita ingin pergi ke masjit untuk shalat Ied namun baju yang kita punya sudah lusuh, kotor dan robek? Padahal syarat sah beribadah adalah pakaian harus bersih. Oleh karena itu baik kebutuhan jasmani dan rohani harus seimbang tercukupi.
    Semoga lebaran di tahun 2012 ini menjadi hari kemenangan yang lebih bermakna bagi kita semua. Baik bagi yang belum dapat THR atau yang sudah. THR adalah rezeki yang kita terima. Dan kita sepatutnya mengharapkan rezeki berlimpah hanya kepada Allah SWT. Jangan hanya mengharap kepada bos, majikan atau perusahaan saja. Selain itu syukuri apa yang ada. Seperti sebuah lirik lagu anak...  
    Baju baru alhamdulilah,, untuk dipakai di hari raya. Tak punya pun tak apa-apa,, masih ada baju lainnya.


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting