Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

8/05/2012

Dunia Kampus

PTN Terabaikan
Artikel yang pernah saya kirimkan ke Radar Jember namun belum lolos seleksi
Oleh Monafisa Rizqi


Pendidikan di Indonesia tampaknya masih menjadi barang istimewa. Khususnya pendidikan di perguruan tinggi, bahwa tidak semua orang memiliki pengetahuan akan kesadaran memperoleh pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Persepsi ini masih mendominasi pemikiran orang-orang desa di daerah terpencil yang menganggap sekolah tinggi-tinggi tidak penting jika ujung-ujungnya nanti juga mencari uang. Kebanyakan lulusan SMA di daerah terpencil tersebut memilih membantu orang tuanya bekerja daripada melanjutkan ke perguruan tinggi. Bagi laki-lakinya mereka biasa bekerja dengan memelihara sapi, bertani, berladang, mencari rumput atau kayu bakar di hutan, sedangkan wanitanya bisa segera dinikahkan lalu berkutat di kehidupan rumah tangganya. Hal itulah yang kenyataannya sering terjadi sampai sekarang ini. Mengingat di negara ini masih banyak sarjana yang menjadi pengangguran dan sulit mencari kerja. Sehingga hal ini memperkuat anggapan mereka bahwa besarnya biaya pendidikan sebaiknya dialihkan untuk modal kerja meskipun mereka belum mempunyai keahlian dan pengalaman yang handal dalam bekerja.
  Sebenarnya mereka mampu untuk membiayai kebutuhan kuliah anak-anaknya, karena biaya kuliah sekarang jauh lebih murah daripada biaya pendidikan di sekolah SBI atau RSBI yang menelan nominal jutaan. Sayangnya mereka beranggapan bahwa menjual ternak dan sawah lebih berat daripada membangun masa depan anaknya di bangku perkuliahan.
Maka dibutuhkan adanya sosialisasi pendidikan bagi penduduk yang tinggal di daerah terpencil. Karena sebenarnya pemuda-pemuda itu memiliki potensi kecerdasan yang bagus untuk membangun Indonesia ke depannya. Sehingga pendidikan bukan lagi menjadi investasi mencari kerja namun untuk membentuk kepribadian generasi bangsa yang berkualitas, cendekiawan serta bersahaja yang tidak mudah terpengaruh oleh terpaan gelombang globalisasi yang semakin marak ini.


1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting