Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

10/31/2012

TIPS BERBELANJA ONLINE

Waspada dan Jeli Memilih Online Shop

       Belanja modern melalui dunia maya tampaknya sudah menjadi trend di masyarakat akhir-akhir ini. Model transaksi ini sangat diminati masyarakat, terutama mereka yang tersibukkan oleh aktivitas harian sehingga malas untuk datang ke tempat perbelanjaan untuk berjam-jem memilih jenis barang yang akan dibeli dan diinginkan. Tentu saja, toko online menjadi media yang sangat membantu orang untuk mendapatkan barang yang diinginkannya tanpa perlu susah berdesak-desakkan, menawar harga, atau mengeluarkan tenaga untuk datang ke area belanja. Calon pembeli cukup dengan mengetikkan kata kunci barang yang diinginkan melalui search engine melalui internet dan dalam hitungan detik akan muncul banyak alamat toko online yang menjual barang seperti kata kunci yang telah diketikkan tadi. Jika salah satu link address tersebut diklik maka pengunjung akan diarahkan ke toko online tersebut. Kelebihannya, toko online sudah menyediakan layanan shopping cart dan tagihan otomatisnya, sehingga calon pembeli tak perlu lagi mengira-ngira total pembelanjaan atau ongkos kirim. Setelah mengumpulkan belanjaan pada shopping cart, anda akan dikirimi email notifikasi atau tagihan belanja beserta nomor rekening untuk melakukan pembayaran. Dan setelah dana dikirim maka barang yang  dipesan akan sampai dikirim ke alamat rumah atau kantor anda. Biasanya memakan waktu selama 3-4 hari saja. Maka, barang yang anda inginkan sudah datang di depan mata. Cukup praktis bukan?
    Namun belanja melalui dunia maya harus pintar-pintar memilih penjual online terpercaya dan jeli agar anda tidak tertipu setelah mengirimkan dana pembayaran terhadap barang yang dipesan. Karena seiring dengan perkembangan internet dan teknologi, seiring pula dengan maraknya cyber chrime (kejahatan di dunia maya) seperti penipuan, jual beli barang yang tidak sesuai dengan gampar dan rupa barang yang dipesan, dll. Oleh karena itu sebelum anda berniat untuk memesan barang melalui internet perhatikan hal-hal berikut :
  1. Perhatikan domain toko online yang digunakan. Toko online yang terpercaya biasanya menggunakan Top Level Domain, seperti .com.
  2.  Perhatikan ranking alamat website toko online di search engine. Jika toko online yang dimaksud berada di peringkat teratas atau di halaman pertama pencarian, berarti toko online tersebut adalah toko online yang sering dikunjungi orang. Seperti halnya toko offline, toko yang ramai dikunjungi biasanya sering laku dan dipercaya orang.
  3.  Perhatikan situs-situs yang dipasangi oleh iklan toko online yang akan anda tuju. Semakin banyak referensi atau situs yang memuat toko online tersebut. Maka toko online yang dimaksud memang benar-benar serius menjual barang hingga memasang iklan, tentunya penjual online menyediakan dana yang tak sedikit untuk membayar iklan.
  4. Perhatikan nomor kontak dan alamat lengkap toko online yang dicantumkan di halaman website. Jika nomor kontak dapat anda hubungi, beserta alamatnya jelas. Maka toko online ini termasuk toko online terpercaya.
  5. Perhatikan YM chat yang sering aktif. Jika di dalam web toko online terdapat fasilitas chat, seperti YM. Perhatikan, apakah YM chat tersebut aktif atau tidak. Jika sering aktif (icon YM bertanda kuning/ungu terang) maka admin toko online ini selalu stand by, dan termasuk toko online terpercaya.
  6. Perhatikan komentar yang tertera pada kolom testimoni pada halaman web, atau komentar pada facebook toko online. Jika testimoni bagus dan memuaskan, maka toko online ini memiliki pelayanan berkualitas dan terpercaya.
  7. Jangan lupa menyimpan bukti pembayaran, seperti bukti transfer dari bank, email notifikasi, sms, atau chat messege dengan admin toko online sebelum barang pesanan anda sampai. Mungkin bisa menjadi arsip penting jika sewaktu-waktu ada masalah dalam bertransaksi.
  8. Jangan lupa menanyakan nomor resi ekspedisi pengiriman. Karena dari nomor resi tersebut anda bisa mengecek dan memantau proses pengiriman melalui internet.
  9. Jangan mudah terpercaya dengan foto-foto dan harga murah yang terlampau jauh dari harga barang sewajarnya. Karena mungkin saja barang yang anda beli cacat atau tidak sesuai dengan keterangan dan gambar di foto. Dan akhirnya nanti anda tidak bisa mengkomplainnya. Jadi pastikan dulu, toko online tersebut terpercaya atau tidak.
  10. Jangan lupa sering-sering sharing informasi dengan teman atau rekan tentang informasi toko online terpercaya. Karena pengalaman berbelanja teman anda bisa menjadi acuan penting bagi anda akan kekurangan dan kelebihan toko online yang direferensikan teman anda tersebut.

    Beberapa hal di atas adalah tips dan trik belanja online agar anda anda tidak tertipu atau kecewa karena telah berbelanja online. Belanja online bisa menjadi hal yang menyenangkan dan efektif waktu bagi anda, namun sebaliknya juga bisa menjadi kekecewaan karena uang yang anda transfer tidak kembali dalam wujud barang yang dipesan.
     Well, selamat berbelanja dan tetap teliti dan berhati-hati dalam memilih toko online.

Berikut ini adalah salah satu toko online terpercaya :
- Skin Care       : Gilashopping.com atau 
                 Fbhttp://www.facebook.com/momon.easyshop


2 komentar:

  1. sepertinya memang kita harus waspada juga ya sobat,Boleh juga Tipsnya sobat, Tipsnya sangat berguna juga sobat, jadi kita harus hati^.
    Terima kasih infonya sobat

    BalasHapus
  2. woooooow.... thanks for tips.... saia suka belanja online....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting