Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

11/01/2012

Tips Transaksi Luar Negeri


Cara Sukses Menggaet Pelanggan Luar Negeri

       Mengambil keputusan sebagai penjual toko online di dunia maya memang ada kelebihan dan kekurangannya. Beberapa kelebihan yang  didapatkan adalah fasilitas promosi dan modal lebih rendah atau low cash daripada membuka toko offline yang menelan biaya lebih besar. Namun ada pula kekurangannya, yaitu penjual harus pintar memilih jasa ekspedisi dan alat pembayaran untuk konsumen. Karena konsumen akan merasa puas dan akan berbelanja lagi jika kita mempermudah transaksi dengan pelayanan yang cepat serta terpercaya.
        Toko online yang ada di internet berpeluang mendatangkan pengunjung tak hanya dari dalam negeri atau domestik saja, melainkan juga dari luar negeri. Untuk website atau toko online berbahasa Indonesia biasanya mayoritas dikunjungi oleh visitor Asia, seperti Philiphina, Singapore, Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Malaysia  serta oleh pengunjung dari benua Amerika dan Eropa, seperti USA, Denmark, France, Mexico, dan Chili. Namun pengunjung terbanyak adalah dari negeri tetangga kita, yaitu Malaysia. Malaysia adalah negara dengan remajanya yang hobi blogging, atau sebut saja mereka sebagai blogger. Sehingga memungkinkan produk-produk yang dijual di toko online kita juga dilirik atau dilihat oleh pengunjung Jiran tersebut.
     Lantas, jika ada pengunjung luar negeri yang memesan produk kita bagaimana mengatasinya? Tentu saja, mengatasi masalah pengiriman dan pembayaran, karena kita tidak mau direpotkan dengan urusan ekspor yang harus mendapatkan ijin dari badan bea cukai segala. Nah, berdasarkan pengalaman saya sebagai eksportir produk Indonesia ke luar negeri sejak Januari 2012, berikut adalah tips dan trik melakukan transaksi luar negeri agar kita bisa menjadi penjual terpercaya :
  1. Pertama-tama, lihat siapa dan apa yang dibutuhkan oleh calon konsumen luar negeri anda. Jika mereka butuh keterangan produk anda, berikan detailnya secara jujur, jika ada kelebihan dan kekurangan produk yang anda jual. Karena di sinilah letak keprofesionalan penjual online diuji.
  2. Pastikan anda mampu berkomunikasi dengan pelanggan anda sebaik mungkin. Bagi konsumen dari Malaysia, mereka mengerti bahasa Indonesia namun terkadang agak sulit menerjemahkannya karena struktur bahasa agak berbeda dengan bahasa Indonesia. Bagi konsumen luar negeri lainnya, anda harus menggunakan bahasa Inggris yang komunikatif dan sopan.
  3. Carilah jasa pengiriman atau ekspedisi yang termurah, terpercaya dan memiliki pelayanan cepat di kota anda. Kalau bisa tanyakan harga dan lama waktu pengiriman pada setiap jasa ekspedisi, mereka akan memberitahu anda informasinya tanpa anda mengirimkan barang dulu ke jasa ekspedisi tersebut. Jadi cari informasinya dulu.
  4. Setelah anda menemukan jasa ekspedisi terbaik di kota anda dan menanyakan harganya. Mintalah salinan fotokopi daftar harga pengiriman ke luar negeri agar anda mudah memberikan informasi pengiriman dan tarifnya saat konsumen luar negeri anda bertanya. Tentu, pilih ekspedisi yang memberikan nomor resi yang bisa dicek tiap saat melalui media online. Pastikan ekspedisi bisa mengirim barang dalam jangka waktu tepat dan singkat, biasanya bisa 3-4 hari saja untuk pengiriman dari Indonesia ke seluruh wilayah Asia.
  5. Beberapa alat pembayaran untuk luar negeri yang bisa anda tawarkan kepada calon konsumen adalah Paypal, Viralpay, Western Union, Money Gram, atau via Bank (BCA, BNI, BII, Cimb Niaga). Jika mereka memiliki salah satu akun di atas, maka pembayaran bisa dilakukan. Dan anda hanya menunggu konfirmasinya saja. Konfirmasi pembayaran bisa melalui  notifikasi akun untuk Paypal atau Viralpay, dan notifkasi nomor ID yang bisa anda ambil melalui  Western Union, Money Gram, atau via Bank (BCA, BNI, BII, Cimb Niaga).
  6. Dalam proses pengepakan, kemas barang serapi dan sekuat mungkin agar barang yang dikirim tidak mudah sobek atau tertindih barang lain ketika dalam perjalanan pengiriman. Paket kiriman yang baik adalah yang  rapi, tidak mudah sobek dan jelas nama serta alamat pengirim atau penerimanya, untuk menghindari salah alamat.
  7. Beri bonus atau marchandise khas Indonesia yang tidak ada di luar negeri. Dengan tujuan menyenangkan hati konsumen, agar konsumen terus dan betah berbelanja ke toko online kita.
  8. Jangan lupa setelah barang dikirim, beritahukan nomor resi ekspedisi dan alamat website ekspedisi agar konsumen juga bisa melacak pengiriman sendiri melalui nomor resi yang kita berikan tersebut.

    Semoga tips dan trik bertransaksi dari delapan cara tersebut bisa menjadi referensi yang menarik dan berguna bagi perkembangan toko online anda. Diharapkan saat anda berhasil melakukan transaksi ke luar negeri , anda bisa menjadi pengusaha yang membanggakan, karena berjasa mengunggulkan produk dalam negeri ke mancanegara, agar Indonesia lebih dikenal. 

* salah satu online shop terpercaya yang melayani transaksi dalam dan luar negeri adalah Momon EasyShop atau gilashopping.com :)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting