Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

2/19/2013

Program Penghijauan Olean

Penanaman Pohon bersama Gapokta 

    Pagi hari yang cerah di Desa Olean ini adalah hari yang cerah bagi Gapokta atau Gabungan Kelompok Tani. Karena hari ini  Gapokta mengajak perwakilan mahasiswa KKN Universitas Jember bersama dengan Bapak kepala desa dan juga pihak penyuluh untuk membahas rapat bersama di salah satu rumah anggota kelompok tani di dusun Kandang Barat. Rapat dimulai pada tanggal 8.00 dan dimulai dengan sambutan perwakilan Gapokta dan dilanjutkan dengan sambutan bapak kepala desa dan pihak penyuluhan. Rapat kecil ini diadakan untuk merencanakan kegiatan penanaman 1 milyar pohon sebagai salah satu program pemerintah. Sementara ini telah ditanami 500 buah pohon dari 3000 pohon kamelina dari jatah yang diberikan oleh pemerintah daerah.  500 pohon tersebut ditanam oleh Gapokta sehingga masih tersisa 2500 pohon. Dan rencananya 2500 pohon tersebut akan ditanam oleh Gapokta yang dibantu oleh 67 mahasiswa KKN Universitas Jember pada hari minggu, 10 Februari 2013.
    Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, seluruh mahasiswa KKN berkumpul di balai desa Olean, untuk selanjutnya bersama-sama menuju ke lokasi penanaman pohon yaitu di daerah Kandang Barat. Tak lama kemudian Bapak kepala desa pun datang, dan kami pun beriringan mengikuti beliau. Setelah itu, satu persatu mahasiswa mengambil bibit pohon kamelina satu-persatu. Para mahasiswi membantu menaruh bibit pohon dan menguburnya dengan tanah, sedangkan mahasiswanya mencangkul dan membagi bilahan bambu untuk pagar samping tanaman. Semua orang yang ada di sana bekerja secara kompak dan bergotong royong sehingga tepat pada pukul 9.30, penanaman 2500 pohon Kamelina telah sukses dilakukan. Peluh telah meleleh membasahi dahi kami. Segelas air mineral telah membasahi tenggorokan kami, rasanya sangat segar karena telah bercampur dengan rasa lelah kami. Setengah jam kemudian kami, mahasiswa KKN desa Olean bersama-sama kembali menuju posko masing-masing.
   Semoga kamelinaku bisa tumbuh subur dan tinggi. Dan aku akan kembali setelah tiga atau lima tahun lagi kesini dan memeriksa kamelinaku. Pohon kamelina yang mungkin nanti sudah tinggi dan meneduhkan para pejalan kaki petani yang menuju area persawahan. 

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting