Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

3/26/2013

Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Kaya

Membuat Peternakan Itik Bertelur Emas

   
Pernahkah suatu saat anda mendapatkan durian runtuh bahkan seakan-akan isi dompet anda menjadi lebih tebal? Mungkin hal ini bisa terjadi saat awal bulan anda menerima gaji, saat mendapatkan hadiah undian, saat teman anda membayar hutangnya pada anda ataupun saat kerabat memberikan sejumlah angpau pada anda. Nah, apakah yang pertama kali anda pikirkan saat mendapatkan uang banyak? Yup! Pasti anda dan juga mayoritas orang akan bingung memikirkan aktivitas sama, yaitu 'Membeli'. Enaknya beli apa ya? Enaknya habisin uang kemana ya? Enaknya jalan-jalan ke mana ya?
    Nah, mungkin anda jarang sekali berpikir jika uang banyak yang kita dapatkan akan habis dengan cepat, tanpa produktivitas jika kita tidak bisa mengaturnya dengan baik. Kita telah terlena dan terbuai dengan iklan-iklan di televisi, penawaran tempat-tempat wisata, ataupun trend gaya hidup konsumtif dan mewah akibatnya kita akan melakukan pengeluaran-pengeluaran ceroboh dan tak terduga dengan barang-barang mewah kurang produktif ataupun untuk kesenangan sementara.
   'Yang penting sekarang makan enak, besok makan lauk sambal kerupuk lagi pun tidak apa-apa'. 'Yang penting sekarang kantong tebal sekali-kali bergaya hidup mewah jalan-jalan ke luar negeri dengan fasilitas VIP. Untuk kelangsungan hidup dan nasib besok dipikirkan besok juga tidak apa-apa, yang penting sekarang happy'. Apakah pernyataan dan pikiran tersebut sering menghiasi kepala anda? Apakah hal tersebut tak jarang anda terapkan secara tidak sadar pada kondisi finansial anda?
    Inilah yang dimaksud adanya celah antara kecerdasan dalam mengatur keuangan dalam pola pikir terhadap uang yang juga berbeda. Sebenarnya, fakta di lapangan, orang kaya dan juga pebisnis cenderung akan bergaya hidup mewah setelah passive income yang dimilikinya mampu menopang seluruh gaya hidupnya. Artinya jika uang tersebut dihabiskan, hal itu tidak akan mengganggu kondisi finansialnya. Karena hasil dari passive income  adalah buah dari kerja keras anda, dan akan terus bertambah terus-menerus bahkan selagi anda tidur. Namun sebaliknya, jika mereka belum memiliki passive income yang cukup untuk membiayai gaya hidup mereka, mereka akan memilih dan konsisten untuk menunda kesenangannya terlebih dulu. Menunda kesenangan bukan berarti anda harus bersikap pelit dan serba perhitungaan hingga detail. Melainkan, anda sedang berkonsisten terhadap anda sendiri untuk menuai panen dua kali bahkan berlipat-lipat lagi di masa depan setelah passive income anda peroleh. Tentu saja senangnya juga akan lebih berlipat-lipat lagi. Dengan kata lain, anda tengah menyederhanakan pengeluaran dan melakukan pengeluaran sesuai kebutuhan yang perlu dibeli saja.
  Sedangkan bagi anda yang masih tertarik untuk bergaya hidup konsumtif, yang mungkin lebih memilih opini orang daripada kelangsungan hidup anda sendiri, nanti anda akan terjerat hutang dan bahkan kebiasaan gaya hidup salah arah. 'Bagaimana bisa? Itu kan uang hasil kerja keras saya, wajar kan saya memberi penghargaan terhadap usaha saya sendiri?' Ya kita memang patut memberikan apresiasi terhadap kerja keras kita. Namun tentu harus tetap memberikan limitasi budget agar pengeluaran tidak melebihi pemasukan. Tentu anda tidak ingin bukan jika gaya hidup anda membuat anda sampai berhutang? Lalu, caranya?
    Mari kita simak beberapa tips ini (Sumber : TDW Book) :
Berapapun penghasilan anda ...
Min 10 % = Aman -> Untuk hari tua*
Min 10%  = Amal 
Min 10%  = Pendidikan
Min 10%  = Cadangan/investasi
Min 10%  = Alokasi kesenangan/hobi
Min 50%  = Dihabiskan
   
*Untuk hari tua uang tidak boleh diambil dengan alasan apapun. Hanya boleh diambil ketika hasilnya cukup untuk membiayai hidup kita. 
    Usahakan pada tahap alokasi kesenangan 10%, anda memiliki simpanan sebanyak 5-6 bulan biaya hidup. Dengan melakukan aset alokasi ini, anda melakukan apa yang disebut Albert Einstein sebagaik Keajaiban dunia ke-8, yaitu  Bunga-berbunga.
   Memang terkadang saat kita ingin menabung atau memiliki simpanan, kita berpedoman bahwa menabung adalah sisa biaya hidup yang tak terpakai. Jadi jika di akhir bulan ada sisa uang setelah habis terpotong biaya hidup, maka uang sisa itulah yang akan kita tabung. Padahal cara seperti ini adalah cara yang benar-benar tidak konsisten jika anda ingin menjadi orang kaya cerdas. Dengan kata lain anda menyatakan 'jika saya langsing saya akan berolahraga'. Bagaimana anda bisa langsing jika anda tidak berolahraga dulu? Nah, seperti itulah kira-kira beberapa pandangan dan persepsi yang berbeda tentang uang. 
    Jadi kira-kira anda pun bisa menarik kesimpulan bahwa saat income datang, itu adalah kesempatan anda untuk mengatur keuangan dan mempersiapkan keamanan finansial di masa depan atau di hari tua, dimana energi anda sudah tidak terlalu fit dan pikiran anda menjadi kurang peka untuk bekerja dan bekerja mengumpulkan pundi-pundi uang lagi. Salah satu caranya adalah dengan membeli itik bertelur emas atau melalui jalan investasi seperti properti, saham ataupun asuransi dan deposito.
    Dan kendaraan tepat bagi anda yang ingin kaya cepat secara cerdas adalah melalui :
1. Bisnis
2. Properti
3. Saham
4. Internet
    Keempat hal tersebut adalah cara yang tepat bagi anda yang ingin take action dari sekarang untuk mengalokasikan waktu, energi dan pikiran anda. Jika anda bukan terlahir dari keturunan darah biru pun anda masih berkesempatan menjadi orang kaya. Karena Islam sendiri pun juga menyarankan hamba-hambanya untuk menjadi orang kaya agar jauh dari kekufuran dan bisa banyak sedekah. Jikalau anda belum mampu untuk berinvestasi anda bisa memulai dengan cara mendatangkan massive income atau pemasukan secara besar-besaran. Caranya? lagi-lagi anda memang harus memikirkan tehnisnya. Berinvestasilah dengan investasi leher ke atas (baca : otak) maka anda akan bisa menemukan jalan keluar sebagai solusi finansial anda. 
    Selamat meniti jejak menjadi orang kaya cerdas! ^^

*Bagi anda yang ingin berkonsultasi mengenai bisnis Property anda bisa Hub: 

Mona, NRP Property
(Agen property profesional di kota Jember, The BEST AGENT 2014)
2bdbfecb/082140816417
atau kunjungi :
Office : NRP Property, ruko selatan stasiun Jember B-9

1 komentar:

  1. wow.. rincian yg sangat tepat.. thanks sob atas infonya..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting