Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

3/21/2013

Jalan Sehat Bersama Olean

Semarak Olean bersama Mahasiswa KKN Universitas Jember


    24 Februari 2013 langit yang menyelimuti desa Olean nampak agak muram. Memang menjelang Maret adalah musim penghujan untuk kawasan Situbondo. Hari Minggu kelabu itu tak menghalangi niat para peserta jalan sehat pelepasan mahasiswa KKN Universitas Jember desa Olean. Yap, hari Minggu itu kami semua berkumpul di balai desa Olean mulai dini hari atau fajar. Jadwal pemberangkatan jalan sehat adalah pukul 6 pagi, namun satu jam sebelumnya jalanan sudah riuh dengan semangat para pejalan sehat. Start awal untuk jalan sehat adalah di balai desa, lalu mengelilingi kawasan pagrik gula yang akan bersimpangan di dusun Kandang Barat dan berakhir kembali ke balai desa. Peserta tak lupa membawa kupon undian yang berhadiah untuk nanti dipotongkan oleh panitia di tengah rute. Tak tanggung-tanggung kali ini mahasiswa KKN desa Olean memang telah mempersiapkan Door prize yang lumayan menggiurkan dengan hadiah utamanya adalah televisi Vitron 21 Inch, disusul dengan 6 hadiah utama lainnya seperti kipas angin, magic com, setrika, handpone, dan dispenser. Serta masih ada lagi 70 hadiah hiburan berupa paket sembako, alat tulis, beras 5 kg, daster, peralatan dapur, dan masih banyak lainnya. Tentu saja masyarakat desa berbondong-bongong untuk membeli kupon undian tersebut sebanyak-banyaknya. Bahkan satu orang bisa membeli kupon sebanyak lima atau sepuluh lembar. Memang, semakin banyak membeli kupon semakin besar kesempatan menangnya. Lagipula harga kupon sangat murah yaitu Rp. 3.000,00 saja. Harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat desa.
     Pukul 6.00 acara potong pita sebagai lambang pembukaan kegiatan jalan sehat pun dilaksanakan oleh Bapak Anshori, selaku kepala desa Olean. Seluruh peserta jalan sehat sudah siaga berjajar rapi memenuhi jalanan depan balai desa untuk memulai rute. Mereka pun berjalan beriringan dengan wajah yang penuh semangat dan keceriaan di pagi hari. Sementara panitia yang berada di area balai bersiap-siap untuk menyiapkan acara hiburan dan pengundian kuis. 
    Selang dua jam kemudian, peserta jalan sehat sudah mulai berdatangan. Wajah-wajah letih penuh keringat menghiasi acara jalan sehat ini. Memang tak hanya bapak-bapak, ibu-ibu saja namun anak-anak juga turut meramaikan acara. Bahkan bisa dibilang mayoritas peserta adalah anak-anak. Maklum, setiap hari Minggu pagi desa memang sepi. Jika ingin pergi atau berolahraga di alun-alun harus menempuh jarak 7 km dulu. Sehingga kadang mereka lebih memilih di rumah untuk menonton televisi atau kembali menarik selimut di [agi hari. 
    Setelah seluruh peserta memenuhi area balai, acara hiburan pun dimulai yaitu penampilan dari perwakilan mahasiswa KKN yang mendendangkan lagu Cinta Satu Malam dan Tuj Me Rab Dikh Ta He turut menyemaraki acara jalan sehat ini. Dan akhirnya acara inti yang ditunggu-tunggu tiba, yaitu sesi pengundian. Dimana MC dan perwakilan panitia akan mengambil beberapa buah tiket undian yang nanti bisa ditukarkan dengan hadiah dan door prize yang telah disediakan. Di saat pengundian inilah, saat-saat paling seru dan mendebarkan bagi para peserta untuk bertanya-tanya siapa saja yang akan mendapatkan hadiah utamanya yaitu televisi 21 inch, handphone, kipas angin dan magic com. 
    Dalam dua jam undian 60 buah hadiah hiburan pun ludes. Terlihat beberapa peserta jalan sehat yang gembira, dan ada juga yang tampaknya kecewa karena sedari tadi tiket undian mereka belum dibacakan juga. Akhirnya undian hadiah utama televisi pun dibacakan. Dan pemenangnya adalah seorang anak kecil 9 tahun-an yang datang bersama ayahnya. Saat naik ke atas panggung dan menerima hadiah utamanya, mereka sangat senang sekali dan tidak menyangka akan mendapatkan hadiah utamanya. Acara ini pun kemudian ditutup dengan lagu-lagu dangdut electone  serta foto bersama.
    Bisa dibilang acara jalan sehat oleh mahasiswa KKN Olean ini sukses berkat kerjasama dan kesolidaritasan peserta dan panitia. 

2 komentar:

  1. hahaha saya ada disana trnyata....

    BalasHapus
  2. Ya dong... kehormatan bagi warga Olean saat calon Gubernur Jatim 2020 datang berkunjung :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting