Jelajahi Jember dalam 1 hari anda!

4/23/2013

Kelangkaan Solar

Antrian Panjang SPBU

  Sepanjang perjalanan menuju Banyuwangi pada siang yang cukup kelabu ini. Aku melihat berjejer-jejer kendaraan berbahan bakar solar, seperti bis, truk, dan mobil yang merayap di area SPBU. Hm... ternyata hal ini juga terjadi di luar daerah Jember. Tak hanya SPBU kota saja, fakta mengatakan tak sedikit SPBU daerah lain yang kekurangan suplai solar. Anehnya hanya solar saja yang langka, untuk premium, biosolar dan pertamax masih bisa didapat tanpa perlu mengantri panjang. 
   SPBU luar daerah yang kujumpai, rata-rata membuat kendaraan untuk mengantri panjang hingga sejauh 300 meter untuk mendapatkan bahan bakar solar. Beberapa SPBU yang kujumpai hari ini seperti SPBU Ahmad Yani Jember, SPBU Kalibaru, SPBU Krikilan, serta SPBU genteng. Bahkan antrian ini bisa memakan waktu selama hampir 1 jam
    Selain itu, masalah kelangkaan BBM ini kutemui di berita televisi. Disiarkan bahwa tak sedikit sopir bis yang melakukan aksi demo sebagai protes kelangkaan solar. Gara-gara solar habis, bis tidak dapat beroperasi karena kekurangan bahan bakar dan beberapa kenek bus tampak mendorong bis yang mogok di area SPBU. Tampak gurat kekecewaan dan keletihan yang terpancar dari raut muka para pengendara jalanan itu. Bagaimana lagi mereka mencari nafkah jika bahan bakar solar masih mengalami kelangkaan? Hal ini tentu saja bukanlah masalah sepele untuk diselesaikan. Apakah ini tanda-tanda bahan bakar solar akan mengalami kenaikan? Karena berdasarkan rumor yang beredar untuk bahan bakar premium saat ini akan mengalami kenaikan. Namun khusus kenaikan hanya akan dibebankan pada kendaraan berplat hitam/pribadi, yaitu mobil. Untuk sepeda motor tarif sama Rp.4.500,- masih diberlakukan. 
   Mungkin saja pemerintah ingin mengurangi jatah subsidi bahan bakar minyak secara berangsur, dan kelangkaan solar bisa jadi salah satu tanda-tanda kenaikan harga. Dengan adanya kenaikan harga solar,bisa dipastikan tarif transportasi umum juga akan melonjak, dan biasanya hal ini juga diikuti oleh kenaikan harga barang-barang sembako dan lainnya. Harga naik, semua pun ikut naik. 
    Seperti yang kita ketahui minyak bumi yang telah diolah menjadi solar, preium, pertamax, dsb. adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Kita masih membutuhkan waktu berjuta-juta tahun lagi untuk mendapatkan bahan bakar ini. Semakin banyak orang berkendara, semakin banyak pula bahan bakar yang digunakan. Semakin banyak bahan bakar digunakan maka persediaan bahan bakar pun semakin sedikit, yang berakibat pada kenaikan harga. 
    Oleh karena itu masalah pelik ini harus diselesaikan dengan kepala dingin, dengan cara yang lebih cerdas agar tidak selalu bergantung pada sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui ini. Mobil bertenaga surya sekarang sudah dikembangkan sebagai bahan bakar pengganti minyak bumi. Tentu saja, harganya lebih hemat. Namun juga perlu kita pikirkan jika tenaga surya hanya bisa didapat saat cuaca cerah, tak berawan. Lalu bagaimana dengan cuaca mendung atau malam hari?  Sekali lagi, masalah ini bukan masalah yang sepele. Indonesia yang kaya akan bahan bakar minyak seharusnya tidak mengimpor minyak dari luar negeri, yang artinya sebenarnya Indonesia mampu untuk menurunkan harga minyak, yaitu dengan mengelolanya sendiri tanpa melalui perantara asing, sehingga harga jauh lebih murah dan tanpa subsidi. 
   
   Yap, itulah PR kita sebagai generasi penerus bangsa, memajukan negara Indonesia ini agar memiliki sumber daya manusia yang lebih handal untuk mengelola alam yang berlimpah ruah ini. Dan hal sederhana yang bisa kita lakukan sekarang adalah melakukan penghematan bahan bakar. Artinya, jika kita ingin bepergian ke tempat dekat atau berjarak 200 meter, tak perlulah kita naik kendaraan bermotor, lebih baik berjalan kaki lebih hemat dan sehat. Serta lebih baik untuk bepergian sendirian/tidak memuat orang banyak lebih baik menggunakan transportasi umum saja, sebagai upaya menghemat BBM.

2 komentar:

  1. ulah para penimbun BBM

    BalasHapus
  2. seharus nya pengexporan BBM ke orangg lain sudah harus dibeherntikan

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Your Pasif Income

Adsense Indonesia

Domain & Hosting mulai 30rb, Click disini! (The cheapest Domain & Hosting)

hosting